Ceramah Singkat Tentang Syukur

Pengertian Syukur

Pengertian syukur dan nikmat berasal dari bahasa Arab. Kata syukur berterima kasih, sedangkan kata nikmat artinya Pemberian, Anugrah, Enak, Lezat. Mensyukuri nikmat Allah SWT, maksudnya adalah berterima kasih kepada-Nya dengan cara mengingat atau menyebut nikmat dan mengagungkan-Nya.

Syukur sangat erat kaitannya dengan nikmat yang telah Alloh SWT berikan kepada kita. Anda ingin menghitung nikmat yang telah Alloh SWT berikan kepada kita.Tidak mungkin!! Sebab,nikmat yang telah Alloh SWT berikan kepada kita tidak pernah ada habisnya, atau istilah zaman sekarang Unlimited. Oleh karena itu, tidak ada kata yang lebih tepat untuk diucapkan kepada-Nya selain ucapan rasa syukur terhadap semua nikmat yang telah Alloh SWT berikan kepada kita.

Syukur sama dengan berterimakasih. Itu berarti semua yang telah kita terima harus dilanjutkan dengan ucapan terima kasih. Ketika mendapat rezeki berupa makanan dia harus terus mengucapkan terima kasih, mendapat rezeki berupa kesehatan juga harus terus mengucapkan teriamakasih, termasuk menyebarkan sedekah kepada yang berhak, karena sebagian dari makanan yang kita terima itu ada hak orang lainyang harus kita berikan.

Cara Bersyukur

Syukur sebenarnya adalah “respon positif” terhadap apa pun yang telah kita terima dari Alloh SWT. Bukan hanya sesuatu yang positif saja, tetapi juga negatif. Untuk para ahlihikmah, semua kejadian yang kita peroleh memiliki kandungan hikmah yang tersembunyi pada setiap kejadian tersebut.

Bahkan jika himak itu belum dapat kita ketahui, maka belum saatnya kita mengetahui hikmah tersebut. Bagaimana cara kita mengetahui hikmah tersebut? Adalah dengan selalu mendekatkan diri baik lahir maupun bathin kita kepada Alloh SWT. Selain itu juga menjauhi segala larangan atau pantangan yang dapat menjauhkan kita dari Alloh SWT.

Dalam arti bersyukur, respon positif harus datang dari hati yang terdalam, dari niat kita kitalah yang paling suci. Lalu, jawaban itu juga harus diucapkan secara lisan dengan kata-kata kita “alhamdulillahirrahmanirahim.

Alhamdulillah adalah ucapan yang paling sederhana untuk disampaikan ketika mendapatkan berkah dari Alloh SWT. Karena niat dan perkataan tersebut, maka rasa syukur harus diwujudkan dalam perilaku atau tindakan sehari-hari. Perilaku dan tindakan itu adalah bukti nyata dari rasa syukur kita.

Dengan demikian, syukur memiliki tiga pilar yang saling terkait, yaitu niat, ucapan, tindakan atau perilaku. Syukur sebenarnya juga berarti  merayakan nikmat dari Alloh SWT yang telah kita terima.

Kita harus selalu bersyukur kepada Allah, bukan hanya saat kita menerima kesuksesan saja. Bahkan ketika kita menerima sebuah ujian, cobaan dan lain sebagainya, kita harus selalu bersabar terhadap cobaan, dan sejenisnya,  Oleh karena itu, rasa syukur dan kesabaran adalah bukti tertinggi dari tingkat keimanan seseorang. Amin.

Demikianlah Ceramah Singkat Tentang Syukur. mulai dari pengertian syukur sampai ke cara bersyukur. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan kita.

You May Also Like