Cara Setting Set Top Box

Cara setting set top box – Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Sistem pemancar TV digital

Terdapat tiga standar sistem pemancar televisi digital di dunia, yaitu televisi digital (DTV) di Amerika, penyiaran video digital terestrial (DVB-T) di Eropa, dan layanan penyiaran digital terestrial terintegrasi (ISDB-T) di Jepang. Semua standar sistem pemancar sistem digital berbasiskan sistem pengkodean OFDM dengan kode suara MPEG-2 untuk ISDB-T dan DTV serta MPEG-1 untuk DVB-T.

Dibandingkan dengan DTV dan DVB-T, ISDB-T sangat fleksibel dan memiliki kelebihan terutama pada penerima dengan sistem seluler. ISDB-T terdiri dari ISDB-S untuk transmisi melalui kabel dan ISDB-S untuk tranmisi melalui satelit. ISDB-T dapat diaplikasikan pada sistem dengan lebar pita 6,7 MHz dan 8 MHz. Fleksibilitas ISDB-T bisa dilihat dari mode yang dipakainya, di mana mode pertama digunakan untuk aplikasi seluler televisi berdefinisi standar (SDTV), mode kedua sebagai aplikasi penerima seluler dan SDTV atau televisi berdefinisi tinggi (HDTV) beraplikasi tetap, serta mode ketiga yang khusus untuk HDTV atau SDTV bersistem penerima tetap. Semua data modulasi sistem pemancar ISDB-T dapat diatur untuk QPSK dan 16QAM atau 64QAM. Perubahan mode ini bisa diatur melalui apa yang disebut kontrol konfigurasi transmisi dan multipleks (TMCC).

selanjutnya Frekuensi sistem penyiaran televisi digital dapat diterima menggunakan antena yang disebut televisi terestrial digital (DTT), kabel (TV kabel digital), dan piringan satelit. Alat serupa telepon seluler digunakan terutama untuk menerima frekuensi televisi digital berformat DMB dan DVB-H. Siaran televisi digital juga dapat diterima menggunakan internet berkecepatan tinggi yang dikenal sebagai televisi protokol internet (IPTV).

9 Daftar Set Top Box TV Digital yang Dapat Sertifikat

Berikut syarat setting tv analog ke TV digital :

1.Pastikan daerahnya sudah tersedia siaran televisi digital.

2.Pastikan memiliki antena UHF baik berupa antena luar maupun dalam ruangan.

3.Pastikan televisi sudah dilengkapi dengan STB DVBT2.

4.Untuk mengetahui cara setting TV digital dari TV analog, terlebih dahulu harus menghubungkan set top box (STB).

Cara setting TV digital dari TV analog dengan STB:

  • Pindahkan kabel antena TV ke bagian lubang yang terdapat di belakang STB
  • Menyambungkan kabel HDMI ke STB
  • Untuk TV yang tidak ada kabel HDMI, dapat menggunakan kabel berjenis AV. Biasanya paket STB sudah dilengkapi dengan kabel AV dan remote control
  • Sambungkan kabel AV ke TV maupun ke STB sesuai dengan warnanya
  • Nyalakan TV
  • Pilih setting
  • Pilih menu HDMI atau AV
  • Lalu STB akan terinstal secara otomatis
  • Selesai

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Gratis

  • Dalam keadaan STB sudah terinstal, pencarian channel bisa dilakukan dengan menggunakan remote STB (yang sudah dipasang baterai)
  • Pilih Pencarian OtomatisCara Mencari Frekuensi TV Digital pada STB Evinix H-1 - DuniaCM
  • Nanti akan muncul Channel Search dan mulai mencari channel otomatis
  • Selesai.

Sebagai informasi, penyiaran televisi digital menggunakan STB pada frekuensi radio VHF/UHF sama halnya dengan analog, namun dengan format konten yang digital.

Dalam penyiaran televisi analog, semakin jauh dari stasiun pemancar signal akan semakin melemah dan penerimaan gambar menjadi buruk dan berbayang.

Lain halnya dengan penyiaran televisi digital menggunakan STB, yang terus menyampaikan gambar dan suara dengan jernih sampai pada titik dimana signal tidak dapat diterima lagi.

Dengan siaran digital, kualitas gambar dan suara yang diterima TV akan jauh lebih baik dibandingkan siaran analog.

Dimana tidak ada lagi gambar yang berbayang ataupun segala bentuk gangguan/noise pada monitor televisi.

Tahap pertama proses siaran TV digital sudah dimulai, simak cara setting TV analog pakai Set Top Box (STB).***

You May Also Like