CARA MERAPIKAN MEMBUAT TULISAN ENAK DIPANDANG DI WORD 2013

[e-pub.id] – Saat mengerjakan tulisan atau dokumen di Word,  Anda sebaiknya memperhatikan kerapian tulisan Anda baik dalam hal spasi, bentuk huruf, paragraf dan yang lainnya. Tujuannya adalah agar tulisan Anda tampak baik saat dilihat dan juga mudah dibaca/dipahami.

Tulisan yang tidak rapi bisa membuat pembaca kehilangan minat untuk membaca tulisan lebih lanjut. Terlebih lagi, jika tulisan tersebut untuk kepentingan profesional atau formal, Anda dituntut untuk bisa membuat tulisan yang rapi dan terstruktur.

 

Cara merapikan tulisan di Word sangat penting diketahui para mahasiswa yang sedang melaksanakan skripsi atau membuat makalah penelitian.
Meski cara untuk merapikan tulisan di Word dapat dikatakan cukup mudah, namun banyak pengguna Microsoft Word yang merasa kesulitan saat merapikan tulisannya.
Kemungkinan kamu pasti masih bingung untuk merapikan tulisan di Word satu per satu. Tentunya, hal ini cukup memakan waktu yang lama. Berikut ini adalah bagaimana cara merapikan tulisan di Word:
Berikut ini adalah tutorial cara mudah merapikan tulisan di Word:

1. Meratakan Tulisan

Mengatur tata letak bisa membuat tulisan terlihat lebih rapi dari sebelumnya. Kamu bisa meratakan tulisan yang ada di Word agar terlihat seragam dan lebih profesional dengan cepat.
  • Blok semua tulisan kamu jika ingin menambahkan tata letak tulisan dengan klik ‘CTRL + A’.
  • Pada tab ‘Beranda’, klik ikon peluncuran kotak dialog yang berlogo panah ke bawah dalam grup ‘Paragraf’.

Cara Merapikan Tulisan di Word, Biar Enggak Berantakan Lagi! (1)

zoom-in-whitePerbesar
Cara meratakan tulisan di Word. Foto: Microsoft
  • Pada bagian ‘Alignment’, pilih ‘Justified’ agar tulisan terlihat rata kanan dan kiri. Kemudian, tekan ‘OK’

Cara Merapikan Tulisan di Word, Biar Enggak Berantakan Lagi! (2)

zoom-in-whitePerbesar
Cara meratakan tulisan di Word. Foto: Microsoft
  • Kamu juga bisa meratakan tulisan secara vertikal dengan cara klik tab ‘Tata Letak’, klik ikon peluncuran kotak dialog di bagian ‘Penyetelan Halaman’.
  • Klik tab ‘Tata Letak’, kemudian di bagian perataan vertikal pilih ‘Atas’ dan tekan ‘OK’.

Cara Merapikan Tulisan di Word, Biar Enggak Berantakan Lagi! (3)

zoom-in-whitePerbesar
Cara meratakan tulisan secara vertikal di Word. Foto: Nada Shofura/kumparan

2. Mengatur Spasi Antar Baris

Supaya tulisan kamu terlihat lebih profesional, samakan ukuran spasi antar barisnya. Untuk menambah atau mengurangi jumlah spasi vertikal antar baris teks dalam paragraf, metode terbaik adalah dengan mengubah gaya yang digunakan paragraf.
merapikan tulisan sangat berguna untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Berikut ini adalah cara merapikan tulisan di Microsoft Word.
1. Blok Semua Teks di Word
Blok Semua Teks di Word
Pertama, klik ‘CTRL + A’ untuk blok semua teks di Word. Pada tab ‘Beranda’, klik kanan gaya tulisan kamu dan ‘Ubah’. Di dekat bagian tengah kotak dialog, kamu akan melihat tombol penspasian. Pilih spasi yang ingin diterapkan, lalu klik ‘OK’.
2. Atur Spasi Antar Baris
Atur Spasi Antar Baris
Kamu juga bisa mengatur spasi antar baris dengan cara klik ikon peluncuran di bagian paragraf. Pada bagian ‘Spasi Baris’, pilih ukuran spasi yang kamu inginkan.
3. Tetapkan Spasi Antar Paragraf
Tetapkan Spasi Antar Paragraf
Tetapkan juga spasi antar paragraf dengan mengubah ukuran Spasi di ‘Sebelum’ atau ‘Sesudah’. Kemudian, klik ‘OK’.

3. Mengatur Spasi Antar Karakter

Spasi antar karakter mengacu pada jarak antar dua karakter. Jika tulisan kamu terlihat terlalu renggang atau rapat, kamu bisa mengatur jarak spasi antar karakter. Berikut ini adalah cara merapikan tulisan di Word yang renggang:
  • Klik ikon peluncuran di bagian ‘Font’.
  • Setelah muncul kotak dialog baru, klik tab ‘Tingkat Lanjut’. Atur skala untuk mengubah ukuran spasi antar karakter. Persentase di atas 100 persen akan merentangkan teks. Sedangkan untuk persentase di bawah 100 persen, maka akan merapatkan teks.

Cara Merapikan Tulisan di Word, Biar Enggak Berantakan Lagi! (4)

4. Mengatur Margin

Pada bagian Word, setiap halaman secara otomatis memiliki margin satu inci. Kamu bisa melakukan kustomisasi ukuran margin sendiri. Berikut adalah cara merapikan tulisan di Word agar sejajar:
  • Klik tab ‘Tata Letak’, kemudian pilih ‘Margin’.
  • Pilih ukuran margin yang diinginkan. Lalu, pilih ‘Margin Kustom’ dan masukkan ukuran margin secara manual.

Cara Merapikan Tulisan di Word, Biar Enggak Berantakan Lagi! (5)

Itulah tips merapikan tulisan di Word. Sekarang, tulisan kamu akan terlihat lebih profesional dan rapi.

You May Also Like