Cara Membuat HP Jadi Webcam PC atau laptop

Cara Membuat HP Jadi Webcam PC atau laptop – Saat ini masih banyak laptop yang belum dilengkapi dengan piranti webcam dengan kualitas yang bagus. Atau jika ada kualitas kamera depan pada laptop kualitasnya belum sesuai dengan harapan.

Sehingga jika ingin melakukan video call, user bisa membeli secara mandiri. Nah, ini tentunya sedikit merepotkan, apalagi jika webcam hanya digunakan sesekali saja.

Untuk itu, banyak user (mungkin termasuk kamu) yang mencari alternatif pengganti webcam, salah satunya dengan menggunakan kamera HP android.

Untungnya, terdapat aplikasi yang dapat membuat smartphone-mu menjadi webcam, sehingga kamu dapat melihat presentasi dengan jelas, dan tampilan videomu juga lebih baik.

Namun, jika kamu menggunakan kamera ponsel sebagai webcam dan PC sebagai pusat pengoperasian panggilan video, berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu coba.

Aplikasi HP Jadi Webcam PC atau laptop

 1. DroidCam

droidcam

Untuk pengguna Android dan iPhone Aplikasi HP Jadi Webcam PC atau laptop, ada aplikasi bernama DroidCam yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini menyajikan cara mudah mengubah ponsel menjadi webcam untuk PC Windows. Begini caranya.

1. Unduh aplikasi DroidCam dari Google Play Store atau Apple App Store.

2. Unduh DroidCam Client di PC Windows-mu dan ikuti langkah instalasinya.

3. Buka aplikasi DroidCam di ponsel dan PC-mu. Lalu, sambungkan kedua perangkat tersebut ke jaringan Wi-Fi yang sama.

4. Di aplikasi DroidCam untuk Android, kamu akan melihat deretan angka pada kolom Wi-Fi IP dan DroidCam Port. Masukkan angka tersebut ke dalam kolom Device IP dan DroidCam Port yang tersedia di DroidCam Client PC. Pastikan bagian Video dan Audio-nya tidak dicentang.

5. Klik Start. Kamera ponselmu akan aktif dan siap digunakan.

6. Lalu, buka aplikasi panggilan video pilihanmu di PC.

7. Pastikan ubah input kamera dan mikrofon di menu pengaturan ke DroidCam dan DroidCam Virtual Audio.

8. Kamu pun siap melakukan panggilan video dan konferensi video.

 

2. iVCam

iVCam Webcam by e2eSoft for Smartphones to PC - VIDEOLANE.COM ⏩

Aplikasi alternatif berikutnya datang dari pengembang bernama e2eSoft. Aplikasi ini dapat mengubah perangkat Android dan iOS-mu menjadi webcam untuk PC Windows. Cara penggunaannya pun tak kalah simpel dari aplikasi sebelumnya.

1. Unduh iVCam dari Play Store atau App Store.

2. Dari PC Windows yang akan kamu pakai, unduh driver iVCam dari situs www.e2esoft.com.

3. Aktifkan iVCam di kedua perangkatmu. Pastikan keduanya tersambung ke jaringan Wi-Fi yang sama atau tersambung via kabel USB. Tangkapan dari kamera ponselmu pun akan secara otomatis terdeteksi dan tampil di layar atau monitor PC.

4. Buka aplikasi panggilan video yang ingin kamu gunakan. Di halaman pengaturan aplikasi, ubah input kamera ke iVCam.

5. Kamu siap mengikuti konferensi video atau panggilan video pribadi dengan rekan kerja dan teman.

3. EpocCam

EpocCam | elgato.com

Buat pengguna MacOS, kamu bisa mencoba aplikasi EpocCam. Aplikasi ini dapat mengubah ponsel Android dan iPhone menjadi webcam untuk kemudian dipasangkan dengan perangkat Mac maupun Windows. Begini caranya.

1. Pertama-tama, unduh EpocCam di ponselmu. Aplikasi ini dapat kamu unduh tanpa biaya di Play Store dan App Store. Ada pula versi EpocCam Pro yang bisa kamu beli dengan harga Rp78 ribu dan menyajikan sejumlah peningkatan fungsi, termasuk kualitas gambar.

2. Dari laptop atau desktopmu, kunjungi situs www.kinoni.com untuk mengunduh dan memasang driver EpocCam. Driver ini mendukung perangkat dengan sistem operasi MacOS 10.12 ke atas dan Windows 7 ke atas.

3. Pastikan ponsel dan komputermu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

4. Buka aplikasi panggilan video yang ingin kamu gunakan di komputermu.

5. Di halaman pengaturan aplikasi yang bersangkutan, pilih EpocCam sebagai kamera atau sumber videomu.

6. Lalu, aktifkan aplikasi EpocCam di ponselmu. Kamu pun siap mengikuti panggilan video.

 

You May Also Like