Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Ketika Anda baru membeli sebuah PC ataupun laptop maka tentu saja Anda akan mendapatkan tambahan lengkap seperti dus dan buku panduan di dalamnya. Dimana spesifikasi dari perangkat komputer yang Anda beli tadi sudah tercantum pada kardus dan buku panduan tadi. Disana terdapat spesifikasi komputer dengan sangat lengkap beserta no serinya. 

Lalu bagaimana jika kardus dan buku panduan tadi hilang? Bagaimana cara Anda melihat spesifikasi komputer yang Anda miliki? Disinilah beberapa cara berperan untuk menampilkan spesifikasi komputer dengan sangat lengkap. Sehingga meskipun kardus dan buku panduan dari PC atau laptop tadi sudah hilang maka Anda tidak perlu khawatir untuk mencari informasinya.

Bagaimana caranya mengetahui spesifikasi laptop dengan mudah? Yuk kita sama-sama simak tutorial cara melihat spesifikasi laptop.

1. Melihat Spesifikasi Laptop dengan CPU-Z

CPU-Z merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui Spesifikasi Digital dari sebuah Komputer, dahulunya memang Aplikasi ini tersedia Hanya di Komputer, Namun sekarang Aplikasi ini juga tersedia untuk HP Adroid, Sekarang kita akan membahas mengenai CPU-Z yang digunakan di PC.

Langkah-Langkah CPU-Z

Pertama kita akan membahas cara instalasi dari CPU-Z. Silahkan sobat download aplikasinya di halaman/website resminya atau bisa melalui link cpuid.com silahkan download sesuai dengan kebutuhan sobat, jika sudah silahkan buka file instalasinya dengan klik dua kali file yang sudah di download, atau bisa buka dengan menggunakan Aplikasi Archive untuk mengekstrak jika file yang sobat download dalam bentuk rar, zip dan lainnya.
Kemudian Instal CPU-Z sampai dengan selesai kemudian kalian buka hasil instalan tadi maka akan muncul seperti gamba

CPU-Z - Wikipedia

Fungsi CPU-Z

1. Memberikan informasi tentang CPU. Fungsi utama dari CPU-Z adalah menampilkan dengan lengkap tentang informasi CPU yang dimiliki oleh komputer. Mulai dari informasi nama CPU, no prosesor, clock internal external, clock multiplier, dan juga core voltage.

2. Memberikan informasi tentang motherboard. Selain memberikan informasi yang lengkap tentang CPU dari komputer CPU-Z juga akan memberikan informasi mengenai motherboard yang di gunakan. Bahkan CPU-Z bisa menampilkan mode BIOS dari motherboard.

3. Memberikan informasi tentang memori. CPU-Z juga menyajikan informasi secara menyeluruh tentang memori yang di gunakan oleh komputer tersebut.

 

2. Cara Melihat Spesifikasi Laptop: System Properties/About

Secara bawaan sebenarnya laptop dengan sistem operasi Windows memiliki opsi untuk melihat spesifikasi laptop dari System Properties atau About. Informasi yang bisa kamu dapatkan, di antara lain: sistem operasi yang digunakan, jenis CPU atau prosesor, besar RAM, tipe sistem operasi (32-bit atau 64-bit), dan lain sebagainya. Untuk memulai cek spesifikasi laptop dari sistem informasi Windows, ikuti langkah berikut ini:

  • Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 10 atau 8.1, masuk ke menu Settings > System > About
  • Untuk pengguna Windows 7, klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Setelah itu akan muncul jendela informasi mengenai spesifikasi laptop kamu
  • Sementara itu untuk pengguna Windows XP kamu bisa klik kanan dari My Computer lalu pilih System Properties.

cara melihat spesifikasi laptop

Namun sayangnya, informasi yang bisa kamu lihat dari cara pertama ini masih tergolong informasi standar. Artinya hanya berkaitan dengan informasi spesifikasi umum seperti halnya sistem informasi, prosesor, dan RAM. Jika kamu ingin melihat informasi spesifikasi yang lebih lengkap bisa dengan cara kedua.

3. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui DXdiag

DXdiag adalah kepanjangan dari DirectX Diagnostic. Dengan DXdiag paling umum digunakan oleh teknisi IT untuk mengetahui spesifikasi laptop secara lengkap. Melalui DXdiag, kamu bisa melihat informasi yang lebih lengkap dibanding informasi yang ditawarkan di sistem informasi. Untuk memulai mengecek spesifikasi dengan DXdiag ikuti langkah berikut ini:

  1. Dari halaman utama Windows tekan tombol Windows (Win) + R
  2. Setelah muncul jendela Run, ketik dxdiag di kolom yang disediakan, setelah itu OK
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul jendela DirectX Diagnostic Tool.

cara melihat spesifikasi laptop

Dalam jendela DirectX Diagnostic Tool terdapat tab System, Display, Sound, dan Input. Dalam Tab System berisi informasi umum seputar laptop kamu, seperti sistem operasi, prosesor, RAM, dan lainnya. Tab Display berisi informasi yang berhubungan dengan kartu VGA di laptop kamu. Tab Sound berisi informasi data Sound Card beserta driver yang digunakan di laptop. Sementara itu, tab Input berisi informasi ragam input device yang dipakai di komputer kamu, seperti misalnya keyboard.

4. Cara Melihat Spesifikasi Laptop Aplikasi Speccy

cara melihat spesifikasi laptop selain dengan bantuan sistem operasi, juga bisa dengan aplikasi. Salah satu aplikasi yang mudah digunakan untuk melihat spesifikasi laptop adalah Piriform Speccy. Aplikasi ini bisa kamu download bebas di internet. Setelah aplikasi diinstal di laptop, cukup klik dua kali aplikasi dan seketika akan muncul jendela aplikasi yang menampilkan informasi spesifikasi lengkap dari laptop kamu.

cara melihat spesifikasi laptop

Informasi yang bisa kamu lihat pun cukup beragam dan lengkap. kamu bisa melihat detail spesifikasi terkecil seperti Peripherals atau Network. Menariknya, di aplikasi ini kamu bisa melihat spesifikasi dan kondisi hardware laptop kamu secara lengkap. Bahkan kamu juga bisa melihat suhu Motherboard dan CPU dengan bantuan aplikasi Speccy.

Ada begitu banyak cara untuk melihat spesifikasi laptop. Kamu bisa pilih cara paling simpel dengan sistem informasi atau melalui aplikasi Speccy. Semoga informasi ini berguna.

You May Also Like