Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 (Cepat & Mudah)

[e-pub.id]Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 – Ada banyak kerusakan yang terjadi saat booting dan membuat komputer jadi tidak bisa masuk ke Windows. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memperbaikinya dengan masuk ke mode aman atau safe mode. Untuk cara safe mode Windows 7 bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Safe Mode kamu juga bisa menonaktifkan program dan driver yang tidak diperlukan saat startup atau booting.

 

Berbeda dengan sistem operasi pendahulunya (Windows 7), di Windows 10 kamu tidak bisa menekan tombol F8 saat booting sistem untuk masuk ke Safe Mode. Ini terjadi karena Windows 10 tidak mengaktifkan hardware seperti Keyboard dan Mouse saat booting berlangsung. Meskipun waktu booting Windows 10 jadi lebih cepat, namun hal ini dirasa menyulitkan untuk sebagian pengguna yang ingin secara instan masuk ke Safe Mode.

Berikut ini cara masuk Safe Mode di Windows 10:

Melalui Tombol F8

safe mode windows 10 tombol f8

Cara masuk safe mode yang selanjutnya merupakan metode yang sudah sangat umum yakni dengan menggunakan tombol F8 di keyboard. Kita hanya tinggal menekan tombol F8 beberapa kali ketika proses booting untuk kemudian memilih jenis safe mode mana yang akan digunakan.

Sayangnya, di Windows 10 cara mengakses via tombol F8 ini ditiadakan dengan tujuan untuk memperpecat proses booting. Namun Anda dapat menggunakan trik khusus agar cara ini kembali dapat digunakan di Windows 10.

Caranya, klik kanan di tombol Start lalu pilih opsi Command Prompt (Admin). Klik tombol “Yes” jika muncul peringatan dari User Account Control. Setelah Command Prompt terbuka silahkan ketik:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

Selanjutnya silahkan tekan enter dan restart komputer Anda. Sekarang setiap kali melakukan booting Anda dapat menekan tombol F8 untuk masuk ke safe mode. Jika Anda ingin menonaktifkan kembali tombol F8 tersebut, silahkan ulangi langkah di atas lalu ketik:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Selanjutnya tekan enter dan tutup Command Prompt. Kini tombol F8 sudah tidak bisa lagi digunakan untuk mengakses safe mode ketika proses booting, namun proses booting ke sistem operasi Windows-nya akan menjadi lebih cepat.

Melalui Menu Setting

Masuk ke Safe Mode di Windows 10 melalui menu Setting merupakan cara yang paling standar. Cara ini bisa kamu lakukan setelah kamu masuk ke dalam sistem operasi dengan login. Ikuti cara berikut untuk masuk ke Safe Mode melalui Setting:

  1. Klik ikon Windows atau Start kemudian pilih Setting
Baca Juga  Cara Memperbaiki File Corrupt di Laptop Kamu dengan Mudah

  1. Kemudian Pilih Update & Security > Recovery > Restart Now

Cara Masuk Safe Mode Windows 10Cara Masuk Safe Mode Windows 10

  1. Setelah sistem operasi restart ulang, kamu akan dibawa masuk ke Windows RE (Recovery Environment)
  2. Setelah itu pilih Troubleshoot

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

  1. Kemudian pilih Advanced Options
  2. Pilih Startup Settings > Restart
  3. Setelah itu kamu bisa memilih 1-9 pilihan opsi setingan, pilih opsi 4 dengan menekan tombol F4untuk masuk ke Safe Mode

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

  1. Setelah itu kamu akan dibawa masuk ke dalam jendela utama Windows dengan tulisan Safe Mode di setiap sudutnya. Selamat kini sudah masuk ke Safe Mode.

Melalui msconfig

Masuk ke Safe Mode dengan msconfig terbilang cukup mudah. Kamu hanya melakukan beberapa hal saja untuk masuk ke dalam Safe Mode di Windows 10. Berikut ini cara masuk ke Safe Mode di Windows 10 dengan msconfig:

  1. Dari jendela utama Windows, buka program Run dengan cara menekan tombol Windows + R
  2. Setelah itu ketik msconfig di kolom yang disediakan
  3. Pada jendela “System Configuration” klik tab Boot lalu pilih Safe Boot > Minimal, lalu klik Apply
    Opsi Booting
  4. Setelah itu restart laptop/PC kamu. Pada saat Booting berlangsung, Windows akan masuk secara otomatis ke Safe Mode tanpa harus menekan tombol F8, atau tombol apapun
  5. Jika kamu sudah memperbaiki kesalahan sistem atau aplikasi di Windows 10, jangan lupa untuk kembalikan setingan msconfig ke pengaturan semula.

Selain mengatasi beberapa masalah pada software, banyak pengguna yang memanfaatkan safe mode untuk melakukan maintenance pada PC atau laptopnya. Kamu juga bisa menggunakannya dengan tujuan serupa. Cukup sekian pembahasan mengenai cara masuk safe mode. Namun ada yang perlu diingat, jika masuk ke Safe Mode, kamu hanya bisa mengakses file dan aplikasi Windows 10 dasar saja. Jika sistem selesai diperbaiki, jangan lupa kembalikan semua pengaturan ke semula sehingga kamu tidak akan dibawa masuk ke Safe Mode lagi saat menyalakan laptop atau PC.

You May Also Like