Cara agar Baterai Laptop Lebih Tahan Lama

[e-pub.id] Cara agar Baterai Laptop Lebih Tahan Lama – Laptop adalah perangkat portable yang membuat kamu bisa mengoperasikan komputer kapan saja dan di mana saja untuk mengerjakan banyak aktivitas, mulai dari menyelesaikan tugas sekolah/kuliah, hingga bermain game.

Baterai laptop merupakan bagian yang penting yang perlu kita rawat agar tetap awet dan selalu siap untuk dipakai. Baterai laptop yang baik bisa dilihat dari kondisinya yang masih bisa di charge dan tidak mudah ngedrop ketika dipakai.

Namun untuk mendukungnya, kamu memerlukan baterai yang tahan lama. Jika tidak, kamu harus bolak-balik mencari stop kontak untuk mengisi daya. Laptop keluaran terbaru yang mengklaim memiliki baterai super pun tetap harus di-charge.

Untungnya ada sejumlah trik agar Baterai Laptop Lebih Tahan Lama dalam sekali penggunaan. Yuk, simak berikut ini!

2. Gantilah power settings dari Balanced ke Power Saver untuk mengoptimalkan penggunaan baterai

Merawat Baterai Laptop

Memang performa laptop tidak akan semaksimal ketika kamu memilih Balanced, tetapi cara ini efektif untuk memperpanjang daya bateraimu. Khususnya ketika sedang tidak ada listrik di sekitarmu.

3. Matikan WiFi jika kamu tidak memerlukannya

agar Baterai Laptop Lebih Tahan Lama

Usahakan kamu mematikan semua koneksi yang ada di laptop untuk menghemat baterai. WiFi menghabiskan baterai dengan menarik dayanya secara terus-menerus. Apalagi jika koneksimu lemah. Tidak hanya itu, pastikan Bluetooth juga tidak nyala karena ia memiliki efek yang serupa dengan WiFi.

4. Matikan aplikasi yang sedang berjalan di background karena mereka akan menghabiskan baterai

agar Baterai Laptop Lebih Tahan Lama, Tak Melulu Cari Colokan

Caranya, buka menu Start > Run > ketikkan “Msconfig” tanpa tanda petik. Tunggu sampai muncul boks dialog, buka tab Startup, klik Open Task Manager. Di sana kamu bisa memilih aplikasi mana yang akan kamu matikan.

Selain itu, hindari juga penggunaan aplikasi yang membutuhkan daya besar. Contohnya game, aplikasi pemrosesan grafis, editing video, dan lain sebagainya.

5. Cabut semua perangkat yang menyambung ke laptopmu karena mereka bisa mengambil daya yang kamu butuhkan

agar Baterai Laptop Lebih Tahan Lama, Tak Melulu Cari Colokan

Jika kamu jauh dari listrik, usahakan tidak menyambungkan berbagai hal ke laptopmu. Mulai dari handphonespeakerUSB flash drive, atau bahkan mouse.

 

6. Pastikan CD/DVD drive laptop sedang kosong

Walaupun kamu tidak menggunakannya, jangan meninggalkan CD atau DVD di dalam laptop. Tanpa kamu sadari, kamu akan kehilangan banyak daya baterai karena ia akan terus berputar di dalam perangkatmu.

7. Jangan gunakan speaker laptop secara berlebihan ketika sedang tak tersambung ke listrik

Kamu bisa menggunakan mode mute atau mengecilkan suaranya. Selain itu, hindari penggunaan software yang membutuhkan fitur suara.

8. Jangan jalankan update sistem operasi atau pemindaian virus

Tunda semua update dan pemindaian ketika kamu sedang membutuhkan baterai laptop. Ini karena aplikasi yang menjalankannya akan menggunakan baterai untuk melakukan scan ke seluruh folder. Tentunya ini membutuhkan daya baterai yang besar.

9. Bersihkan fan laptop yang ada di bagian bawah secara teratur

Fan yang ada di bagian bawah laptop memegang peran yang cukup penting. Ia berfungsi untuk menjaga temperatur laptopmu. Maka dari itu, kamu harus rajin membersihkannya agar debu tidak menumpuk. Dengan begitu, sistem keluar-masuknya udara lancar dan terhindar dari overheating.

10. Hindari penggunaan laptop di lingkungan yang panas atau di bawah matahari

Suhu sekitar yang tinggi bisa berpengaruh pada laptop, lho. Perangkat tersebut akan overheating dan akhirnya baterai cepat habis.

Cara-cara di atas akan bekerja efektif pada baterai laptop yang kondisinya baik, ya. Jika memang bateraimu sudah boros karena sudah digunakan lebih dari tiga tahun, sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

11. Meredupkan cahaya layar seminimal mungkin adalah cara utama untuk menghemat daya baterai laptop

Layar adalah salah satu bagian laptop yang paling banyak menyedot daya baterai. Oleh karena itu, meredupkan cahayanya bisa efektif menambah waktu untuk menggunakan perangkat tersebut tanpa listrik.

12. Gantilah power settings dari Balanced ke Power Saver untuk mengoptimalkan penggunaan baterai

Cara agar Baterai Laptop Lebih Tahan Lama

Memang performa laptop tidak akan semaksimal ketika kamu memilih Balanced, tetapi cara ini efektif untuk memperpanjang daya bateraimu. Khususnya ketika sedang tidak ada listrik di sekitarmu.

You May Also Like