Biodata Tom Sykes

E-Pub – Biodata Tom Sykes. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ” Tom Sykes” Buat para penggemar yang penasaran dengan Tom Sykes bisa cek dibawah ini :

Tom Sykes

Tom Sykes adalah seorang pembalap World Superbike Championship (WSBK) berkebangsaan Inggris yang pernah menjuarai ajang tersebut pada tahun 2013. Sykes pernah membalap di British Supersport Championship selama tiga tahun (2004-2006) dan menjadi runner-up musim 2006.

Pada tahun 2007, 2008, dan 2010, Tom Sykes juga berkompetisi di British Superbike Championship. Karier Tom Sykes di WSBK dimulai cemerlang pada 2008 bersama Suzuki.

Tom Sykes lahir di Huddersfield, Yorkshire, Inggris pada tanggal 19 Agustus 1985. Ia adalah cucu Peter Brooks yang terlibat dalam manufaktur motor Kawasaki. Dia selalu menganggap kakeknya sebagai bagian yang sangat penting dari hidupnya. Kakeknya selalu memberikan dorongan dan percaya bahwa Sykes bisa menjadi juara dunia.

Sykes mulai bermimpi berkarier sebagai pembalap ketika masih bersekolah. Namun, impiannya ini justru dipatahkan semangatnya oleh gurunya. Gurunya mengatakan bahwa membalap motor tidak akan memberinya karier.

Sykes debut balap pada umur 14 tahun, namun performanya baru mulai menanjak pada umur 18/19 tahun. Ia mulai membalap di British Supersport pada tahun 2003. Pada musim debut, dia mendapat peringkat delapan.

Sykes meraih peringkat kelima dan keenam pada musim 2004 dan 2005. Sykes akhirnya berhasil menjadi runner-up British Supersport pada 2006, di belakang Cal Crutchlow.

Dia naik kelas ke British Superbike pada tahun 2007 bersama Stobart Vent-Axia Honda, menjadi rekan setim Shane Bryne. Ia mendapat dua podium di Sirkuit Croft dan musim debutnya diselesaikan di peringkat keenam.

Musim berikutnya Sykes berlabuh di Rizla Suzuki. Ia meraih kemenangan perdananya di Oulton Park. Dia mengakhiri musim di peringkat keempat dengan poin 316.

Sykes sempat kembali di British Superbike pada 2010 sebagai wild card Kawasaki. Sykes debut di World Superbike pada 2008 sebagai wild card pada race di Brands Hatch. Namun, dia tidak finish di race pertama dan berhasil finish di posisi ketujuh pada race kedua. Ia mendapat podium perdananya di WSBK pada race pertama Donington Park.

Pada musim selanjutnya, Sykes mulai membalap penuh di WSBK bersama Yamaha Motor Italia World Superbike Team. Dia menjadi rekan setim Ben Spies. Finish terbaik didapatkannya adalah posisi keempat. Sykes menyelesaikan musim di peringkat kesembilan.

Performa Sykes menurun pada musim 2010 dan 2011, hanya mendapat peringkat ke-14 dan ke-13, dia sempat memenangkan race 2 Jerman 2011. Namun, performa Sykes secara mengejutkan meningkat tajam pada musim 2012.

Sykes mendapat empat kemenangan, 13 podium, dan mengakhiri musim sebagai runner up di belakang Max Biaggi. Puncaknya, Sykes berhasil menjuarai WSBK musim 2013. Dia meraih sembilan kemenangan dan 18 podium.

Sykes memutuskan pindah ke Kawasaki pada musim berikutnya. Namun, dia terpaksa merelakan gelar juaranya ke Sylvain Guintoli, meskipun lebih banyak memenangkan balapan. Dia juga hanya berselisih enam poin dari Guintoli.

Performa Sykes juga menurun pada musim 2015, mendapat empat kemenangan dan meraih peringkat ketiga. Musim selanjutnya, Sykes mendapat lima kemenangan dan menjadi runner-up di belakang Jonathan Rea.

Sykes hanya meraih dua kemenangan pada 2017 dan sekali kemenangan pada 2018, tetapi masih bisa mengakhiri dua musim tersebut di peringkat ketiga dan keempat.

Pada musim 2019, Sykes pindah ke BMW Motorrad WorldSBK Team. Dia terpaksa terlempar dari peringkat lima besar pada akhir musim, yakni di peringkat kedelapan.

Itulah tadi biodata Tom Sykes. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

 

 

 

You May Also Like