Biodata Sule

sule

E-Pub – Biodata Sule. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ” Sule ” Buat para penggemar yang penasaran dengan Sule bisa cek dibawah ini :

 

sule

Sule adalah seorang pelawak, pembawa acara, penyanyi, dan aktor berkebangsaan Indonesia. Ia dikenal karena kemampuannya membuat lawakan yang spontan dan kreatif.

Ia mulai dikenal setelah berhasil memenangi Audisi Pelawak TPI musim pertama (bersama dengan Oni Suwarman, Obin Wahyudin dan Ogi SOS dalam grup lawak SOS) pada tahun 2005 dan Superstar Show bersama dengan Jaja.

Kariernya semakin meningkat setelah perannya dalam acara Opera Van Java di Trans7, dengan para pemain awal yaitu Andre Taulany, Parto Patrio, Nunung, dan Azis Gagap. Dan sinetron Awas Ada Sule di Global TV.

Anak pertamanya yang bernama Rizky Febian, kini mulai aktif mengikuti jejaknya di dunia hiburan tanah air dengan menekuni dunia tarik suara sebagai penyanyi dan pencipta lagu.

Sule lahir di Cimahi, Jawa Barat, pada tanggal 15 November 1976 (sementara di surat pengantar nikahnya tertulis Bandung, 15-11-1973). Sule lahir sebagai anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Dodo Mulyana dan Engkom Komara.

Ayahnya seorang penjual bakso keliling. Ayahnya selalu membanyol dan membuat para pembeli baksonya tertawa. Bakat melawak Sule berasal dari ayahnya. Kakaknya bernama Iwan Setiawan.

Sule akrab dipanggil Entis oleh ibunya. Nama Sule merupakan julukan masyarakat kampungnya untuk orang tua yang suka ingusan. Sule adalah singkatan dari kata usut leho dalam bahasa Sunda.

Sule, yang pernah dibimbing oleh pelawak senior Kang Ibing ini, sudah memiliki bakat melawak sejak kelas 3 SD. Kala itu, Sule kecil sering tampil di acara Agustus-an.

Sule menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Bandung yang kini bernama SMK Negeri 10 Bandung. Setelah lulus, ia menikahi Lina Jubaedah tahun 1997 dalam usia 19 tahun.

Kemudian, ia berkuliah di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung yang kini bernama Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Sule berhasil lulus kuliah dan meraih gelar sarjana.

Sule mengaku dulu, pada saat baru menikahi Lina pada tahun 1997, dia tinggal di rumah kontrakan petak. Penghasilannya dari melawak hanya Rp20 ribu sehari, sehingga agar dapurnya bisa tetap ngebul, Sule nyambi menjual jagung rebus keliling kampung, berdagang ayam goreng dan berjualan kebaya di kampus.

Nekat pergi ke Jakarta belasan tahun yang lalu, Sule mengaku bahwa ia bercita-cita menjadi pembawa acara televisi, sehingga nekat pindah dari Jawa Barat ke Jakarta. Berbekal keahlian menari, dia mencoba mengadu nasib di ibu kota.

Alumnus STSI Bandung ini kemudian berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya di Jakarta. Kesempatan mengikuti API (Audisi Pelawak Indonesia) di TPI bersama dengan Oni Suwarman dan Obin Wahyudin adalah jalan pintas menuju sukses Sule.

Tidak sampai setahun setelah berhasil menjuarai Superstar Show, sebuah acara duet selebriti di Indosiar membuat karier Sule pun terus menanjak. Namanya pun masuk ke dalam jajaran pelawak papan atas. Tahun 2009 dan 2010 adalah tahun-tahun keemasan bagi Sule.

Kariernya mulai bersinar setelah sukses memenangi lomba Audisi Pelawak TPI (API) bersama dengan grup Lawak SOS. Hanya setahun setelah itu, nama Sule mulai diperhitungkan. Namanya terus melambung ke jajaran pelawak papan atas, yang penghasilannya melebihi pelawak papan atas yang lain, seperti misalnya Komeng dan sebagainya.

Penghasilannya bisa mencapai lebih dari Rp 1 miliar per-bulan, yang didapatkan dari beberapa stasiun TV, antara lain hasil dari acara Opera Van Java di Trans7, Awas Ada Sule di Global TV, dan juga melalui berbagai macam iklan yang dimainkan oleh Sule.

Opera Van Java adalah salah satu acara televisi yang menghasilkan banyak uang bagi Sule. Dari acara ini, hanya untuk sekali tampil saja, Sule memperoleh penghasilan sebesar Rp 50 juta, atau naik dibanding sebelumnya yang jumlahnya mencapai total sebesar Rp 20 juta – Rp 40 juta.

Pemilik rambut gondrong dan pirang ini terkenal dengan gaya khasnya, yakni kalau sudah mendengar musik jaipongan, maka ia akan langsung reflek joget, sehingga sering mengundang orang tertawa. Rupanya, gaya khasnya itu lalu menjadi tambahan karakter Sule.

Kini, Sule sudah layak untuk disejajarkan dengan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, maupun almarhum Olga Syahputra, yang sempat dinobatkan sebagai 5 pelawak termahal di Indonesia. Sama halnya seperti Komeng, Sule juga mempunyai kemampuan spontanitas lelucon yang tergolong sangat responsif, cepat, kreatif, dan bagus.

Pada tanggal 20 September 2018, Sule resmi bercerai dengan Lina Jubaedah, istri pertamanya. Lina menggugat cerai Sule pada tanggal 26 April 2018. Sidang pertama gugatan cerai ini digelar pada tanggal 7 Juni 2018.

Isu orang ketiga diduga menjadi penyebab perceraian pasangan ini. Almarhumah Lina sendiri wafat pada tanggal 4 Januari 2020 silam. Pasangan ini dikaruniai tiga orang putra dan seorang putri.

Sempat diisukan menjalin hubungan spesial dengan beberapa wanita, seperti aktris Naomi Zaskia, penyanyi Baby Shima, penyanyi Ayu Ting Ting, penyanyi Rita Tila, Amy Qanita (yang merupakan ibunda dari Raffi Ahmad), dan juga presenter Chika Jessica, Sule pada akhirnya menikah lagi dengan penyanyi dan DJ Nathalie Holscher pada tanggal 15 November 2020, dan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi antv, kanal YouTube RANS Entertainment, dan aplikasi MAXstream, serta dipandu oleh Raffi Ahmad, Andre Taulany, dan Nagita Slavina. Pasangan ini dikaruniai seorang putra.

Itulah tadi biodata Sule. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

sumber : wikipedia

 

 

You May Also Like