Biodata Rizky Febian

E-Pub – Biodata Rizky Febian. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ” Rizky Febian” Buat para penggemar yang penasaran dengan Rizky Febian bisa cek dibawah ini :

Rizky Febian

Rizky Febian Adriansyah Sutisna adalah seorang penyanyi-penulis lagu, aktor, dan pembawa acara berkebangsaan Indonesia. Rizky terlahir dengan nama Rizky Febian Adriansyah Sutisna pada tanggal 25 Februari 1998 di Kecamatan Cileunyi, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rizky merupakan putra sulung dari empat bersaudara, dari pasangan komedian Sule dan penyanyi Lina Zubaedah. Dia terlahir dari keluarga Muslim dan bersukubangsa Sunda.

Rizky mendapatkan pengakuan luas pasca merilis debut solonya sebagai penyanyi dewasa berjudul “Kesempurnaan Cinta” pada tahun 2015.

Rizky lahir dalam keadaan prematur dengan berat kurang dari 2 kilogram dan sempat divonis usianya bertahan hidup sampai 6 bulan.

Namun, karena kondisi ekonomi orang tuanya yang masih sulit, Rizky saat itu tidak mendapat perawatan di rumah sakit dan diobati dengan cara tradisional.

Rizky memiliki adik perempuan bernama Putri Delina yang juga berprofesi sebagai penyanyi serta dua adik laki-laki bernama Rizwan Fadillah Adriansyah Sutisna dan Ferdinan Adriansyah Sutisna.

Pasca perceraian orang tuanya di tahun 2018, ia juga memiliki adik sambung perempuan dari pernikahan ibunya dengan Teddy bernama Delina Bintang Aura Putri serta adik sambung laki-laki dari pernikahan ayahnya dan Nathalie Holscher bernama Azham Adriansyah Sutisna.

Sejak kecil Rizky memiliki cita-cita sebagai penyanyi profesional. Sejak berada di bangku sekolah dasar, Rizky telah aktif belajar dan mengikuti beragam kegiatan seni pertunjukan.

Rizky pernah mengikuti seni pertunjukan seperti musik tradisional, breakdance, akting, hingga grup musik bersama teman-temannya.

Orangtuanya pun pernah mendaftarkan Rizky untuk kursus olah vokal, gitar, dan tari modern. Akan tetapi Rizky memilih untuk berlatih teknik menyanyi dan instrumen musik secara otodidak di rumah.

Dirinya berlatih kemampuan bermusiknya melalui YouTube. Grup musik Boyz II Men merupakan salah satu inspirasinya. Dirinya pun tak pernah belajar dari kedua orang tuanya sekalipun orang tuanya memiliki latar belakang di bidang seni lantaran merasa malu.

Rizky mengenyam pendidikan jenjang SMP di SMP BPI , Bandung. Kemudian dia meneruskan pendidikan di SMK BPI, Bandung namun akhirnya ia memutuskan mengambil jalur pendidikan sekolah rumah dengan jumlah tiga kali pertemuan selama seminggu karena kesibukan mengembangkan karier di dunia hiburan.

Rizky lulus SMApada tahun 2018 setelah mengikuti ujian paket C. Setelah lulus Rizky melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Universitas Terbuka mengambil jenjang S-1 program studi Ilmu Hukum,  ia akhirnya memilih untuk nonaktif dan meninggalkan pendidikannya untuk fokus berkarier di dunia musik.

Awal kariernya sebagai penyanyi Rizky telah meraih sembilan penghargaan termasuk 2 Anugerah Musik Indonesia 2016 sebagai Pendatang Baru Terbaik-Terbaik dan Penulis Lagu Pop Terbaik serta 1 Anugerah Planet Muzik 2016 sebagai Artis Baru Lelaki Terbaik.

Rizky kehilangan sang ibu kerena meninggal dunia pada tanggal 4 Januari 2020 di Bandung. Rizky mengatakan bahwa ibunya meninggal karena kejang-kejang seusai sholat shubuh dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Pada tanggal 7 Februari 2022, Rizky Febian resmi menjalani hubungan berpacaran berbeda agama dengan penyanyi jebolan Indonesian Idol, Mahalini.

Mengikuti jejak karier sang ayah, Rizky Febian juga terjun ke dunia hiburan yang ia rintis sejak kecil. Rizky Febian pertama kali muncul di televisi melalui komedi situasi berjudul Awas Ada Sulepada tahun 2009 sebanyak 1 episode memerankan tokoh Sule kecil pada episode kedelapan berjudul “Mantra Tatang Sutarma”.

Kemudian dirinya pernah menjadi pengisi acara dalam program komedi bulan Ramadan, Saung Sule bersama sang ayah, Sule yang ditayangkan di stasiun televisi Trans7 pada tahun 2011.

Pada awal tahun 2012 tepatnya pada tanggal 7 Februari 2012, Rizky merintis karier sebagai penyanyi dengan merilis singel perdana berjudul “Papa Telepon” yang dia bawakan bersama Sule di bawah naungan perusahaan rekaman Falcon Music.

Satu tahun setelahnya, pada tanggal 7 November 2013Rizkybersama Sule dan Andre Taulany mengeluarkan lagu kolaborasi berjudul “Smile You Don’t Cry” berunsur musik house dengan Sule sebagai penyanyi utamanya. Kadang ketiganya disebut juga sebagai grup 3 Djanggo.

Usai tampil di sebuah program komedi di salah satu stasiun televisi swasta, Rizky mencoba untuk pemilihan pemeran pada sejumlah film layar lebar dan film televisi.

Setelah mengikuti beberapa kali pemilihan pemeran akhirnyaRizky mendapatkan kesempatan membintangi film Sule Detektif Tokek garapan Reka Wijaya yang tayang pada tanggal 14 Maret 2013.

Pada tahun 2014, Rizky dipercaya sebagai pembawa acara dalam program Kata Bergaya yang ditayangkan di antv berdampingan dengan Sule.

Rizky membawakan acara tersebut selama 28 episode pertama sebelum akhirnya digantikan oleh Uya Kuya sejak episode ke-29.

Setelah mendirikan label rekamannya sendiri, RFAS Music, Rizky Febian merealisasi karya impiannya di bidang musik yang sempat terhalang oleh peraturan dan kebijakan label rekaman.

Salah satunya adalah proyek trilogi Garis Cinta. Rizky mengaku trilogi Garis Cinta menjadi pencapaian terbesar Rizky Febian sepanjang tahun 2020.

Secara berurutan Garis Cinta terdiri dari lagu “Cuek”, “Mantra Cinta” dan “Makna Cinta”. Lagu-lagunya sendiri bertema tentang berbagai fase dalam menjalani suatu hubungan.

Dalam pengerjaan lagunya Rizky Febian berkontribusi dalam menciptakan lagu “Cuek” dan “Makna Cinta” sedangkan lagu “Mantra Cinta” diciptakan oleh Donne Maula. Ia juga menggandeng Ajier Effendi sebagai produser musik.

Proyek Garis Cinta divisualisasikan dalam bentuk video musik yang diproduksi oleh AVCD Films serta dibintangi oleh Rizky Febian sendiri bersama Anya Geraldine.

Rizky Febian memilih Anya karena dinilai sebagai tokoh perempuan yang dapat mempengaruhi publik terutama di masa pandemi dengan konsep film pendek dalam video musiknya.

Seri video musik Garis Cinta berhasil mendapatkan penerimaan positif di platform YouTube. Tercatat video musik “Cuek” berhasil menempati posisi puncak trending umum YouTube Indonesia sejak 11 hari penayangan dengan telah ditonton sebanyak 7,8 juta kali.

Begitu pula dengan video musik “Makna Cinta” berhasil menempati posisi puncak trending umum YouTube Indonesia sejak 4 hari penayangan dengan telah ditonton sebanyak 4,4 juta kali.

Sedangkan video musik “Mantra Cinta” berhasil menempati posisi ke-4 trending umum YouTube Indonesia sejak 1 hari penayangan dengan telah ditonton sebanyak 2,1 juta kali.

Pada tanggal 25 November 2021, Rizky Febian terpilih untuk mewakili Indonesia dalam mini konser virtual global 12 negara bertajuk Music Room, persembahan dari lini produk Seiko 5 Sports.

Itulah tadi biodata Rizky Febian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

sumber : wikipedia

 

You May Also Like