Biodata Nicky Hayden

Nicky Hayden

E-Pub – Biodata Nicky Hayden. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ” Nicky Hayden” Buat para penggemar yang penasaran dengan Nicky Hayden bisa cek dibawah ini :

Nicky Hayden

Nicholas Patrick Hayden adalah seorang pembalap sepeda motor profesional asal Amerika Serikat yang memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2006.

Hayden lahir di Owensboro, Kentucky pada tanggal 30 Juli 1981. Pada tahun 1999, Hayden memenangkan kejuaraan AMA Supersport dengan tim pribadi Honda.

Pada tahun 2001, musim penuh pertamanya sebagai pembalap AMA Superbike, dia datang dengan 40 poin untuk memenangkan kejuaraan itu, menyelesaikan musim tersebut di belakang pemenang, Mat Mladin, dan runner-up, Eric Bostrom.

Hayden juga memasuki ronde Superbike Dunia di Laguna Seca, menyelesaikan balapan di posisi ke-4 yang kuat pada balapan pertama sebelum bertabrakan dengan Noriyuki Haga pada balapan ke-2.

Untuk musim 2006, Hayden menjadi ujung tombak aspirasi kejuaraan untuk Repsol Honda, dan merupakan satu-satunya pembalap yang diberikan penuh motor Honda 2006 selama tes pra-musim.

Hayden memimpin kejuaraan dari balapan ke-3 dan terlihat siap untuk mematahkan rantai juara beruntun Valentino Rossi. Di balapan terakhir dalam musim balap 2006 pada tanggal 29 Oktober 2006, Rossi jatuh pada putaran 5 saat mencoba untuk memperbaiki start-nya yang buruk.

Hayden memenangkan gelar 2006 dihari itu dengan finis ke-3 (9,3 detik) di belakang sang pemenang, Troy Bayliss, dan Loris Capirossi.

Pada tanggal 22 September 2006, Hayden menandatangani perjanjian 2 tahun yang membolehkannya untuk membalap dan berkembang dengan tim pabrikan Honda Racing Corporation (HRC) untuk MotoGP musim 2007 dan 2008.

Hayden menggunakan Honda RC212V 800 cc, dan nomor balapan MotoGP-nya diubah dari 69 ke 1 untuk musim 2007.

Hayden menyelesaikan kejuaraan MotoGP musim 2009 di posisi ke-13 (dari 18), hasil terburuknya dalam 7 tahun balapan MotoGP.

Pada tanggal 3 September 2009, dikonfirmasi bahwa Hayden telah menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun dengan Ducati untuk musim MotoGP 2010, mengakhiri spekulasi kepindahannya dari tim tersebut. Dia akan menjadi rekan setim Casey Stoner lagi di tim itu.

Hayden kembali ke MotoGP setelah beberapa musim pindah ke dunia balap superbike sebagai pengganti saat para pengendara Honda mengalami cedera.

Nicky Hayden, meninggal dunia pada usia 35 tahun pada Senin 22 mei 2017 atau lima hari setelah dirinya terlibat kecelakaan berat. Rumah Sakit Maurizio Bufalini, tempat di mana Hayden dirawat, mengonfirmasi kepergian pria berjulukan The Kentucky Kid tersebut.

Sebelumnya atau pekan lalu, rumah sakit yang terletak di Cesena, Italia, itu juga sempat memberitakan kerusakan otak dan luka traumatis yang dialami Hayden.

Hal itu dipicu oleh kecelakaan yang melibatkan Hayden di sebelah selatan daerah Rimini, Italia. Sang juara dunia MotoGP 2006 ditabrak mobil saat berlatih sepeda di Riccione-Tavoleto, sebelah selatan daerah Rimini, Italia.

Itulah tadi biodata Nicky Hayden. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

 

You May Also Like