Biodata Marco Simoncelli

Marco Simoncelli

E-Pub – Biodata Marco Simoncelli. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ”Marco Simoncelli” Buat para penggemar yang penasaran dengan Marco Simoncelli bisa cek dibawah ini :

Marco Simoncelli

Marco Simoncelli (20 Januari 1987 – 23 Oktober 2011) adalah salah satu pembalap MotoGP yang berasal dari Italia. Dia berkompetisi di Kejuaraan Dunia MotoGP selama hampir 10 tahun, dari tahun 2002 sampai 2011.

Simoncelli mulai di kelas 125cc sebelum naik ke kelas 250cc tahun 2006. Dia memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc tahun 2008 dengan Gilera. Setelah empat tahun di kelas menengah, ia naik ke kelas MotoGP pada 2010, berpacu dengan tim Honda Gresini.

Simoncelli meninggal dalam kecelakaan fatal selama Grand Prix Malaysia 2011 di Sepang pada tanggal 23 Oktober 2011 setelah ditabrak mengikuti kejatuhannya sendiri di jalur.

Marco Simoncelli lahir di Cattolica tetapi tumbuh dan tinggal di Coriano bersama keluarganya sejak kecil. Dia mulai balap sepeda mini pada usia tujuh tahun di kota kelahirannya Coriano, pindah ke Kejuaraan Minimoto Italia pada tahun 1996 pada usia awal sembilan tahun.

Simoncelli memenangkan Kejuaraan Minimoto Italia pada tahun 1999 dan 2000 dan juga menjadi runner-up di Kejuaraan Minimoto Eropa 2000. Tahun berikutnya, ia naik ke Kejuaraan 125cc Italia dan ia memenangkan gelar pada tahun rookie-nya. Pada tahun 2002, ia berkompetisi dan memenangkan Kejuaraan Eropa 125cc.

Pada tahun 2006, Simoncelli naik ke kelas 250cc, menjadi satu-satunya pembalap dari delapan teratas di kelas 125cc tahun sebelumnya untuk naik. Simoncelli bergabung dengan tim Metis Gilera, pabrikan motor Italia yang kembali ke kelas menengah setelah lama absen.

Musim pertamanya melihatnya menyelesaikan sebagian besar balapan yang ia selesaikan antara tempat ke-7 dan ke-10. Hasil terbaiknya adalah tempat ke-6 di Grand Prix Cina di Shanghai. Dia berjuang untuk gelar “Rookie of the Year” sampai akhir, akhirnya kalah dari Shuhei Aoyama dengan tujuh poin.

Pada tahun 2007 Simoncelli melanjutkan dengan tim yang sama. Musimnya mirip dengan yang sebelumnya dan dia berada di urutan ke 10 di klasemen akhir, tanpa podium.

Simoncelli mendapatkan kemenangan 250cc pertamanya di Grand Prix Italia yang diadakan di Mugello pada tanggal 1 Juni 2008 dalam keadaan yang kontroversial ketika, dengan satu putaran tersisa, dia bersandar ke kiri di jalan lurus yang panjang, mungkin untuk memblok Héctor Barberá.

Barberá kemudian menabraknya dan Simoncelli memenangkan balapan dengan 3 detik. Barberá beruntung muncul tanpa cedera. Beberapa orang meminta sanksi tetapi Simoncelli lolos tanpa penalti, pada 7 Juni ia menerima peringatan lisan dari Komisi Keselamatan Pengendara MotoGP.

Pada tanggal 8 Juni 2008 ia menindaklanjuti kemenangan Italia dengan kemenangan lainnya Catalan Grand Prix setelah menyalip Álvaro Bautista di lap terakhir setelah Bautista berlari lebar dengan 5 sudut tersisa lomba.

Simoncelli memperoleh kemenangan GP 250cc ketiganya di Sachsenring di Grand Prix Jerman pada 13 Juli 2008 ketika ia mengalahkan Bautista dan Barberá sekitar 2,5 detik. Simoncelli juga menang di kelasnya di Grand Prix sepeda motor Australia 2008 yang diadakan pada 3-5 Oktober 2008, mengalahkan Bautista dengan tipis.

Pada tanggal 19 Oktober 2008 Simoncelli memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc 2008 setelah finis ketiga di Grand Prix Malaysia di Sepang.

Simoncelli membuat penampilan satu kali untuk Aprilia di putaran World Superbike di Imola pada tahun 2009. Dia lolos di baris kedua dan merupakan salah satu dari tiga pembalap yang tersingkir dari balapan pertama di Tosa saat berlari di urutan kelima, sebelum naik ke posisi ketiga dalam lomba dua, membuat gerakan kuat untuk menyalip rekan setimnya Max Biaggi untuk naik ke podium.

Pada tanggal 25 Juni 2009, dipastikan bahwa Simoncelli akan naik ke balap kelas utama untuk kejuaraan MotoGP 2010 setelah setuju untuk naik bersama tim San Carlo Gresini Honda.

Di musim 2011, Simoncelli dipromosikan untuk naik pabrik Honda sebagai bagian dari tim Gresini, sementara Hiroshi Aoyama mengendarai satelit Honda untuk tim. Simoncelli diprediksi akan menjadi paket kejutan musim ini.

Simoncelli finis di urutan kelima dalam balapan pembukaan musim di Qatar, sebelum jatuh dari pimpinan balapan basah di Jerez. Dia mengamankan posisi start tertinggi ke titik ke-2, sebelum jatuh pada lap pertama balapan Estoril.

Selama Grand Prix Prancis di Le Mans, Simoncelli bertabrakan dengan Dani Pedrosa saat mereka berjuang untuk yang kedua. Tabrakan yang dihasilkan melihat Pedrosa mematahkan tulang selangka dan Simoncelli menerima penalti naik, akhirnya finis kelima.

Simoncelli awalnya menolak menyalahkan atas kecelakaan itu, mengklaim ia menginjak rem paling lambat dari biasanya, dan bahwa ia merasa sudah memberikan ruang yang cukup untuk Pedrosa. Namun, sebelum balapan berikutnya, ia menerima bahwa ia perlu merenungkan gaya membalapnya yang agresif dan kasar.

Simoncelli meninggal dunia di Sirkuit Internasional Sepang pada tanggal 23 Oktober 2011 karena kecelakaan fatal yang dialaminya saat Grand Prix Malaysia 2011. Simoncelli terlibat kecelakaan fatal bersama Colin Edwards dan Valentino Rossi saat berada di posisi keempat pada putaran kedua.

Simoncelli terjatuh ketika sedang berbelok di tikungan ke-11 Sirkuit Sepang dan tertabrak oleh motor Edwards. Edwards juga terjatuh namun hanya mengalami patah tulang bahu, sementara Simoncelli berbaring diam di lintasan sesaat setelah kecelakaan dengan helmnya terlepas dalam insiden itu.

Sementara itu, Rossi hanya sedikit kehilangan keseimbangan dan dapat melaju pelan ke pit-stop. Setelah insiden tersebut, bendera merah dikibarkan menandakan perlombaan dihentikan dan Simoncelli langsung dibawa ke pusat medis Sirkuit Sepang.

Pada pukul 16.56 waktu setempat, Simoncelli dinyatakan meninggal dunia karena luka serius yang dideritanya akibat kecelakaan fatal. Kemudian, dalam jumpa pers direksi balapan MotoGP, kepala medis, Michele Macchiagodena, menyatakan bahwa Simoncelli mengalami “trauma serius di kepala, leher, dan dada,” dan sempat diberi perawatan CPR selama 45 menit sebelum akhirnya meninggal.

Simoncelli dimakamkan di Santa Maria Churchyard, Coriano, Italia pada tanggal 27 Oktober 2011.

Itulah tadi biodata Marco Simoncelli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

sumber : wikipedia

 

 

You May Also Like