Biodata Jason Dupasquier

Jason Dupasquier

E-Pub – Biodata Jason Dupasquier. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ” Jason Dupasquier” Buat para penggemar yang penasaran dengan Jason Dupasquier bisa cek dibawah ini :

Jason Dupasquier

Jason Dupasquier adalah seorang pembalap sepeda motor asal Swiss yang berkompetisi di kelas Moto3. Ia lahir pada tanggal 7 September 2001 di Bulle, Swiss dan meninggal dunia setelah kecelakaan fatal yang terjadi saat Grand Prix sepeda motor Italia pada 30 Mei 2021. Ia adalah anak dari atlet MotoCross, Phillipe Dupasquier.

Jason memulai karier balapannya pada 2011. Ia memenangkan beberapa kejuaraan dunia SuperMoto di Swiss dan berencana memulai debutnya di RedBull Rookies Cup pada 2018.

Meskipun demikian, Dupasquier batal melakukan hal tersebut karena cedera. Ia baru memulai debutnya di RedBull Rookies Cup pada 2019 hingga kemudian menandatangani kontrak dua tahun untuk menjalani ajang Moto3.

Pada tanggal 29 Mei 2021, Jason mengalami kecelakaan fatal yang juga melibatkan pembalap Ayumu Sasaki dan Jeremy Alcoba menjelang akhir sesi kualifikasi Grand Prix Moto3 Italia di Sirkuit Mugello, Scarperia.

Dupasquier tampak terjatuh di antara tikungan sembilan dan sepuluh hingga tertabrak oleh motor miliknya dan Sasaki. Sesi kualifikasi kemudian dihentikan dengan dikibarkannya bendera merah.

Dalam wawancara yang dilakukan setelah sesi kualifikasi, Alcoba mengatakan bahwa ia juga turut terlibat dalam kecelakaan tersebut. Tim medis FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) segera tiba di lokasi kecelakaan dan Jason mendapatkan penanganan di tengah lintasan selama 30 menit sebelum sebuah helikopter tiba untuk menerbangkannya ke rumah sakit.

Pada Minggu, 30 Mei 2021, promotor MotoGP mengumumkan kematian Jason Dupasquier saat ia dirawat di Rumah Sakit Florence. Pembalap berusia 19 tahun tersebut sempat menjalani bedah torakoplastik pada Sabtu malam.

“Meskipun staf medis di sirkuit dan semua pihak lainnya sudah mengerahkan semua usaha mereka terhadap pembalap Swiss ini, rumah sakit mengumumkan bahwa Dupasquier meninggal dunia akibat cedera yang dialaminya,” ujar promotor MotoGP dalam pernyataannya.

Tim balap Dupasquier, Prüstel GP, mengatakan bahwa mereka tidak mengikuti balapan pada hari itu. Kematian Dupasquier adalah yang pertama selama acara kejuaraan dunia sejak kecelakaan fatal pembalap Moto2 Luis Salom di Circuit de Barcelona-Catalunya selama sesi latihan bebas kedua Grand Prix sepeda motor Catalan 2016.

Grid MotoGP mengadakan keheningan satu menit sebelum Grand Prix Italia hari Minggu. Fabio Quartararo, memimpin klasemen pembalap saat ini, memenangkan lomba tersebut dan, di putaran kemenangannya, berhenti di lokasi kecelakaan fatal Jason (tikungan ke-9, Arrabbiata 2) dan menunjuk ke langit. Ia juga mengibarkan bendera Swiss saat tiba di parc fermé. Pada tanggal 18 Juni 2021, nomor balapnya 50 dipensiunkan dari kelas Moto3.

Itulah tadi biodata Jason Dupasquier. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

sumber : wikipedia.org

 

 

 

You May Also Like