Biodata James Toseland

James Toseland

E-Pub – Biodata James Toseland. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ”James Toseland” Buat para penggemar yang penasaran dengan James Toseland bisa cek dibawah ini :

James Toseland

James Toseland adalah seorang juara Dunia Superbike dua kali (Ducati dan Honda) dan sempat singgah di MotoGP selama dua tahun (Yamaha Tech3 rekan Colin Edwards).

Kini dia adalah pentolan band rock yang menyandang namanya (Toseland Band). Saat ini dia juga memegang peran sebagai manajer tim WRP Wepol Racing, tim Yamaha yang memasuki Kejuaraan Dunia Supersport bersama Danny Webb.

Toseland adalah salah satu dari tiga juara dunia Inggris di Superbike setelah Fogarty dan Hodgson (mantan rekan setimnya di GSE Ducati dalam periode dua tahun 2001-2002), juara dua kali (2004 di depan Laconi, 2007 di depan Haga), dua musim di MotoGP bersama Yamaha dan kembali lagi ke Superbike dalam sebuah periode yang agak tidak menyenangkan.

Toseland lahir di Sheffield pada tanggal 5 Oktober 1980, Toseland mulai balapan dalam ‘masa uji coba’ antara 1989 hingga 1993. Pada tahun 1991 Toseland pindah ke motorcross, memenangkan gelar kategori junior nasional pada tahun 1992. Transisi dari balap off road ke road race terjadi pada tahun 1994 dan pada tahun 1995 Toseland memenangkan kejuaraan kategori junior.

Pada tahun 1997 Toseland pindah ke BSB, kelas Supersport dengan Honda CBR600F, membuat dirinya dikenal karena gaya balapnya yang agresif. Hasil akhir, Peringkat-3 saat jalani masa debutnya.

Pada usia 18 tahun Toseland turun di Kejuaraan Dunia Supersport bersama Honda dengan tim Castrol. Dalam dua tahun di Supersport Toseland gagal mendapatkan hasil yang signifikan. Hasil terbaik adalah tempat ke-6 di Kyalami di tahun 1999.

Pada tahun 2000 Toseland lalu kembali ke kejuaraan Superbike Inggris tetapi finis di urutan ke-12 karena cedera serius yang membuatnya absen selama setengah musim.

Performa Toseland mendapatkan perhatian dari tim GSE Ducati yang mengorbitkannya di ajang kejuaraan dunia Superbike pada tahun 2001 bersama Neil Hodgson.

Tahun pertama peringkat ke-13 dunia dengan 91 poin dan posisi ke-6 di Brands Hatch di race-2 sebagai hasil terbaik. Pada tahun 2002 Toseland mengambil podium pertamanya di race-2 di Assen.

Musim 2003 Toseland tetap di tim GSE dengan Ducati 998F02 melawan 999F03 dari tim Pabrikan dengan pembalap Hodgson dan Xaus. Toseland meraih kemenangan karir pertamanya di Oschersleben (Jerman) di depan Hodgson dan naik podium 8 kali lebih banyak, menutup tahun di peringkat ke-3 dengan 271 poin.

Dengan Xaus dan Hodgson di MotoGP, tim Fila Ducati memanggil Toseland dan Laconi untuk musim 2004. Mungkin musim paling berani dari Kejuaraan Dunia berakhir dengan gelar dunia pertamanya bagi orang Inggris itu.

Yang dimenangkannya di babak final Magny Cours di balapan rumah rekan setimnya, Laconi. 3 kemenangan dan 14 podium secara keseluruhan didapatkan Toselan pada tahun 2004 untuk menajdi juara dunia.

Perubahan sponsor utama untuk Ducati pada tahun 2005 dari Fila ke Xerox. 999F05 tidak bisa bersaing dengan Suzuki dan Honda, Toseland melakukan apa yang bisa dilakukan tetapi itu tidak cukup. Pembalap asal Inggris tersebut berada di urutan keempat dengan 254 poin dan hanya satu kemenangan.

Pada tahun 2006 Toseland pindah ke tim Ten Kate Honda. 3 kemenangan dan 12 podium secara keseluruhan membuatnya menempati posisi runner-up dengan 336 poin dan anehnya jumlah poin ini sama dengan yang membuatnya mendapatkan gelar juara dunia dua tahun sebelumnya yaitu dengan 336 poin.

Di tahun 2007 jelas merupakan tahun terbaiknya dalam hal kemenangan. Toseland mengumpulkan 8 kemenangan dan dengan 14 podium keseluruhan Toseland meraih gelar dunia keduanya dengan 415 poin, 2 poin lebih banyak dari Haga.

Pada akhir tahun 2007 Toseland menyempurnakan kepindahannya ke MotoGP untuk tahun 2008 dengan tim Tech3 Yamaha M1 berpasangan dengan Colin Edwards, mantan rival enam tahun sebelumnya di Superbike.

Pada tahun 2008 Toseland menyelesaikan musimnya di peringkat ke-11 dengan 105 poin, mengoleksi enam kali posisi keenam sebagai hasil terbaik dalam perlombaan.

Pada tahun 2009, Toseland peringkat ke-14 dengan 92 poin, finish di posisi keenam tiga kali. Toseland tidak meninggalkan kenangan yang baik di MotoGP dan pada akhir tahun 2009 Toseland kembali ke Superbike.

Pada tahun 2010 Toseland kembali ke Superbike dengan Yamaha R1 dipasangkan dengan juara bertahan Supersport, Cal Crutchlow. Toseland peringkat ke-9 dengan 187 poin, juga mengumpulkan 4 podium.

Di tahun 2011 Toseland bergabung dengan tim BMW Motorrad Italia, melakukan debutnya di Superbike setelah gelar Stock 2010 dengan Ayrton Badovini.

Musim itu adalah cobaan berat bagi pembalap Inggris itu, karena cedera pergelangan tangan yang telah dioperasi dalam tes di Aragon pada bulan Maret. Hanya menyelesaikan tiga setengah seri (Australia, Miller, Silverstone, Nurburgring) dengan mengumpulkan 13 poin.

Pada tanggal 9 September 2011 Toseland mengumumkan pengunduran dirinya dari balap motor karena cedera pergelangan tangan kanan yang tidak mungkin menjalani sebagai seorang pembalap.

Itulah tadi biodata James Toseland. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

 

You May Also Like