Biodata Colin Edwards

E-Pub – Biodata Colin Edwards. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ”Colin Edwards” Buat para penggemar yang penasaran dengan Colin Edwards bisa cek dibawah ini :

Colin Edwards

Colin Edwards (lahir 27 Februari 1974) merupakan seorang pembalap MotoGP asal Amerika Serikat. Sebelum pindah ke MotoGP, pembalap yang memiliki julukan “Texas Tornado” ini turun di kejuaraan WSBK dan berhasil menjadi juara dunia WSBK pada tahun 2000 dan 2002.

Pada tahun 2003 Colin Edwards pindah ke MotoGP bergabung di tim Alice Aprilia Racing bersama pembalap Jepang yang juga pernah membalap di World Superbike, Noriyuki Haga.

Dengan mengendarai motor Aprilia RS 3 Edwards ada di posisi 13 dengan 62 poin di akhir musim. Pada tahun berikutnya Edwards pindah ke kubu Honda dan bergabung dengan tim Telefonica Movistar Honda Gresini, menjadi rekan satu tim Sete Gibernau.

Pada tahun 2004, prestasinya meningkat drastis ke posisi 4 di klasemen akhir dengan meraih sebanyak 157 poin. Bahkan di sirkuit Donington Park, GP Inggris Edwards berhasil merebut juara kedua, yang sekaligus menjadi podium pertamanya di MotoGP.

Pada tahun 2005 Edwards kembali berpindah tim, ia bergabung ke tim Yamaha yang sudah tidak asing lagi baginya, karena ia sudah pernah membela tim Yamaha Superbike pada tahun 1993 dan 1994.

Di Yamaha Edwards bergabung dalam tim Gauloises Yamaha menjadi partner Valentino Rossi dan mengendarai motor Yamaha sebagai pembalap pengembang YZR M1. Di akhir musim Edwards mampu meraih posisi lebih baik, peringkat 4.

Kontraknya diperpanjang pada tahun 2006, tetap berpartner dengan pembalap fenomenal Valentino Rossi hanya saja tim berganti menjadi Yamaha Camel Team. Pada tahun 2007 masih bersama team Fiat Yamaha 129 berada di peringkat 9 karena basic mesin yang berpindah dari 990 menjadi 800cc.  Eddie, panggilan akrab Colin Edwards juga membantu pengembangan ban Bridgestone.

Pada tahun 2008 Edwards tergusur kedatanganya Jorge Lorenzo di team Fiat Yamaha dan pindah ke team Yamaha Tech 3 bersama James Toseland untuk membantu pengembangan motor dan sasis bagi Yamaha dan mampu meraih 2 podium di seri Le mans dan Assen serta mampu mengembangkan motor YZR-M1 menjadi motor paling balance.

Serta mendapatkan setingan set up terbaik pada tahun 2009 Edwards mampu menembus 5 besar dengan poin 161 dan mampu sekali podium di 2 sirkuit Donington Park.

Perseteruan dengan team mate di Tech 3, James Toseland memanas dan menjadi buah bibir dikalangan Motogp masalah setingan dan set motor. Edwards mengklaim setingan maka James Toseland pun didepak dari Yamaha Tech 3 dan digantikan oleh Ben Spies sang Texas terror, salah satu anak emas Yamaha.

Awal musim 2012, Edwards membela tim NGM Forward Racing yang memakai motor BMW S1000RR dengan sasis Suter. Edwards lewat timnya juga ikut aturan Claming Rule Teams atau CRT. Tahun 2013 Edwards masih bersama NGM Forward Racing namun menggunakan motor Kawasaki.

Itulah tadi biodata Colin Edwards. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

sumber : wikipedia

You May Also Like