Biodata Bradley Smith

Bradley Smith

E-Pub – Biodata Bradley Smith. Hallo sobat e-pub berikut ini adalah biodata singkat dari ” Bradley Smith” Buat para penggemar yang penasaran dengan Bradley Smith bisa cek dibawah ini :

Bradley Smith

Bradley Smith adalah seorang pembalap sepeda motor Inggris, yang bergabung dengan Aprilia Racing Team Gresini sebagai pembalap pengembangan/penguji/pengganti di kelas MotoGP. Dia memenangkan Suzuka 8 Hours pada 2015, dengan rekan satu tim Yamaha Katsuyuki Nakasuga dan Pol Espargaró.

Smith lahir pada tanggal 28 November 1990 di Inggris, Ia adalah satu-satunya pebalap yang naik podium di keempat kelas balap motor Grand Prix, dengan tiga teratas di kelas pra-Moto3 125cc, kelas Moto2, kelas MotoGP, dan kelas MotoE.

Smith mempunyai hubungan yang lama dengan tim Perancis Tech3, mengendarai selama enam musim, dua di kelas Moto2 dan empat di MotoGP menggunakan mesin Yamaha YZR-M1 yang didukung pabrik.

Ayah Smith adalah pembalap Motocross, dan keluarganya memiliki track latihan terbuka. Smith pertama kali naik motocross saat berusia enam tahun.

Pada tahun 2006, Smith bergabung ke tim Repsol Honda 125cc, dimanajeri oleh Alberto Puig. Dia berhasil finis di urutan 19 dengan hasil terbaik posisi 8 di Motegi.

Masih di tim yang sama, dia memperoleh podium pertamanya di posisi ketiga di Le Mans. Smith menandatangani kontrak dengan tim Polaris World Aprilia untuk musim 2008. Dia berhasil menduduki posisi pole pada balapan pertama di Losail International Circuit, Qatar, namun mengalami kendala teknis saat memimpin balapan.

Beberapa cedera menimpanya di pertengahan musim, namun Smith berhasil mendapat podium di Jerez dan Le Mans. Smith mengakhiri musim di posisi enam dengan tiga kali pole dan empat kali podium, tetapi tanpa satupun kemenangan.

Untuk musim 2009, Smith membela tim Bancaja Aspar Racing milik Jorge Martinez masih dengan motor Aprilia dengan rekan satu tim Julian Simon. Smith mendapatkan kemengan pertamanya dengan mendominasi balapan seri Jerez pada Mei 2009.

Posisi pole pertamanya di musim ini diperoleh di Mugello dan sekaligus mengantarkannya ke puncak podium untuk kedua kalinya setelah pertarungan yang sengit melawan Nicholas Terol dan Julian Simon.

Kemenangan tersebut membuatnya menduduki klasemen puncak dengan 74.5 poin, hanya terpaut 3.5 poin dengan Julian Simon. Namun selanjutnya Simon berhasil merebut posisi puncak dan mendapat juara dunia, sedangkan Smith harus puas di posisi kedua klasemen akhir.

Pada bulan Agustus 2009, Smith menyatakan ambisinya untuk naik ke kelas moto2 bersama tim Aspar. Namun kursi kosong di kelas moto2 telah diisi Julian Simon dan Mike Di Meglio. Pada bulan November 2009, Smith sepakat untuk tetap di kelas 125cc bersama tim Aspar dengan rekan setim Nicholas Terol.

Smith telah dipromosikan ke kelas premier bersama Tech 3 dengan rekan satu tim Cal Crutchlow, setelah melewati beberapa musim di kelas 125cc dan Moto2, finis terbaiknya dimusim itu adalah ke 6.

Bradley Smith masih dipertahankan tim Tech 3 dan ditandemkan bersama Pol Espargaró. Smith mendapat hasil terbaik di Grand Prix sepeda motor Australia 2014 dengan finis ke 3 dibalapan tersebut.

Smith dan Espargaro masih dipertahankan tim Tech 3. musim berikutnya Smith tampil cukup bagus, bahkan sering kali mengalahkan dan unggul rekan setimnya sendiri. Ia mendapatkan finis terbaik ke 5 dua kali yakni di GP Italia 2015 dan GP Catalunya 2015.

Pada musim 2017, Smith resmi bergabung bersama tim KTM MotoGP dengan motor baru KTM RC16. Di GP Argentina Smith berhasil finis di posisi 15, sekaligus meraih poin perdana untuk KTM. Pada tahun 2019, Smith pindah ke kelas baru MotoE dan bergabung bersama tim One Energy Racing.

Itulah tadi biodata Bradley Smith. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

sumber : wikipedia

 

You May Also Like