Berikut Pengertian dan Fungsi Mainboard

Pengertian Mainboard

Apa Itu Motherboard?

Pada dasarnya, motherboard adalah papan sirkuit yang ada di dalam sebuah casing komputer dimana semua komponen komputer terhubung.

Motherboard menyediakan konektivitas antara komponen perangkat keras komputer, seperti prosesor (CPU), memori (RAM), hard drive, dan kartu video.

Lebih tepatnya, motherboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai “tulang punggung” atau “ibu” yang menyatukan semua bagian.

Motherboard sendiri juga datang dalam berbagai jenis dan ukuran yang berbeda lho. Tujuannya  agar sesuai dengan berbagai jenis dan ukuran perangkat keras.

Setiap jenis motherboard dirancang untuk bekerja dengan jenis prosesor dan memori tertentu, sehingga tidak semua jenis bisa cocok dengan perangkat Anda.

Namun, umumnya hard drive yang bersifat universal akan bekerja dengan sebagian besar motherboard, terlepas dari jenis atau brand nya.Mainboard pada Komputer | yuliatwn

Sebenarnya, motherboard tidak mempengaruhi kinerja sebuah perangkat keras. Performa perangkat akan meningkat bergantung pada chipset yang terpasang.

Secara fisik, motherboard terdiri dari lembaran bahan non-konduktif yang kuat dan kaku. Kemudian, lapisan aluminium foil akan dicetak pada lembaran ini.

Lapisan tembaga yang juga sering disebut dengan traces itu umumnya kecil dan membentuk sirkuit antara berbagai komponen.

Selain sirkuit, motherboard juga berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen-komponen lainnya yang ada di dalamnya.

Umumnya, motherboard dilengkapi dengan beberapa konektivitas interface input/output yang terletak pada panel input/output di belakang perangkat tersebut.

Interface paling umum pada motherboard adalah port USB. Umumnya, motherboard memiliki beberapa port USB karena banyaknya jenis konektivitas USB yang ada.

 

Fungsi Mainboard

Fungsi Mainboard adalah sebagai penghubung antar hardware seperti Processor, RAM, VGA, Mouse, Keyboard, Lan Card dan lain sebagainya. Selain itu Mainboard juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data pada sebuah komputer.

Mainboard pertama kali dibuat serta diperkenalkan Apple sekitar tahun 1977 untuk perangkat komputer Apple II karena sebelumnya ( Apple I ) memiliki bentuk yang cukup rumit. Pada waktu itu pendiri Apple Stive Jobs dan Wozniak memikirkan untuk meletakan komponen – komponen komputer kedalam papan kusus sehingga lebih ringkas.

Setelah berhasil melakukan pengembangan dan mengimplementasikannya pada produk Apple II, banyak perusahaan – perusahaan seperti AMI, DFI, Orchid Tech, Elitegroup, Huppauge dan Micronic, mulai memproduksi perangkat Mainboard dan memasarkannya.

Kemudian sekitar tahun 1980 – 1990 perkembangan Mainboard cukup meningkat, terbukti dengan mulai diintegrasikannya Mainboard dengan port – port untuk Keyboard, Mouse, Floppy Drive dan lain sebagainya. Setelah itu pada tahun 2000 mulailah pengintegrasian beberapa komponen seperti Lan Card dan VGA Card jadi satu dengan perangkat mainboard.

Untuk saat ini Mainboard sudah ada beberapa jenis, seperti Mainboard AT / AT Baby, ATX, BTX, dan ITX, tentunya dari beberapa jenis yang ada memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Seperti adanya sirkulasi pendingin yang lebih baik pada jenis Mainboard BTX, tetapi ukurannya lebih besar dari pada jenis yang lainnya. Beberapa komponen seperti Soket CPU, RAM, VGA, Northbridge dan Southbridge, IC Bios, Port I/O dan beberapa komponen lainnya sudah menyatu pada satu perangkat yang dinamakan Mainboard.

Dari sini sobat komputer pastinya sudah mengetahui pengertian Mainboard dan juga fungsinya, Semoga ulasan diatas dapat memberikan referensi untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi dan komputer berikutnya.

You May Also Like