Aplikasi Pembersih RAM dan Cache atau File Sampah Di Smartphone

[e-pub.id] Aplikasi Pembersih RAM dan Cache atau File Sampah Di Smartphone – Saking canggihnya ponsel pintar, kamu dapat mengunduh berbagai macam aplikasi, baik aplikasi yang sifatnya penting maupun aplikasi pendukung. Saat ini smartphone juga didukung oleh perangkat penyimpanan berkapasitas besar, sehingga kamu dapat menyimpan berbagai macam file.

Namun, salah satu persoalan yang sering terjadi ialah munculnya file sampah yang memenuhi penyimpanan. File sampah tersebut kadang muncul dari berbagai sumber, baik aplikasi maupun sumber lain. Tiba-tiba ruang penyimpanan menjadi penuh, dan berpengaruh pada performa smartphone.

Banyaknya aplikasi membuat cache atau file yang tidak terpakai menjadi menumpuk pada ponsel Android. Akibatnya, performa ponsel pun akan menurun dan menyebabkan smartphone Anda lemot.

Seperti diketahui, cache adalah salinan data penting dari aplikasi yang membuat pengguna bisa membuka kembali aplikasi lebih cepat. Pada dasarnya, Android menyediakan sejumlah memori untuk menyimpan data dari setiap aplikasi.

Setiap aplikasi Android yang diinstal di perangkat memiliki sejumlah kecil memori yang tersedia. Kendati demikian, kapasitasnya berbeda-beda tiap aplikasi. Konten yang disimpan juga hanya file yang dianggap penting oleh aplikasi.

 

Dengan cara ini, jika aplikasi ditutup atau tak sengaja tertutup, konten yang sudah ada dalam bentuk cache tidak perlu dimuat ulang.

Sebenarnya, cukup banyak aplikasi untuk membersihkan RAM dan cache yang tersedia di Google Play Store. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi pembersih RAM dan cache terbaik untuk smartphone Android.

Aplikasi Pembersih RAM dan Cache

1. CCleaner

CCleaner jadi aplikasi cleaner Android terbaik yang sudah cukup populer. Kemampuannya untuk membersihkan cache sudah terbukti di banyak platform, seperti Windows, Linux, dan juga Android.

CCleaner – Phone Cleaner - Aplikasi di Google Play

Aplikasi pembersih HP terbaik ini memiliki banyak fitur yang sangat berguna, seperti menghapus file sampah, melegakan RAM, memantau sistem smartphone, dan juga membuat Anda menjelajah internet di smartphone dengan lebih aman.

User interface yang dimiliki juga cukup user friendly. Ditambah, cara pemakaian yang cukup mudah dan tidak membingungkan.

2. Nox Cleaner

Nox Cleaner - Pembersih Sampah - Aplikasi di Google Play

Nox Cleaner adalah aplikasi pembersih RAM dan cache terbaik di Android dengan rating yang cukup bagus. Aplikasi ini berguna untuk membersihkan file sampah yang akan mempercepat kinerja ponsel Android Anda.

Selain itu, Nox Cleaner juga dapat menjaga ponsel Anda dari ancaman privasi, membersihkan file duplikat, hingga membantu memperpanjang masa pakai baterai smartphone. Terlebih, aplikasi ini bisa memindai ponsel Anda dari ancaman virus secara realtime. Bisa dibilang, aplikasi untuk membersihkan cache Android ini menawarkan fitur yang cukup banyak bagi pengguna.

3. Booster for Android

aplikasi pembersih ram

Aplikasi pembersih RAM berikutnya yang juga bisa Anda gunakan adalah Booster for Android. Aplikasi satu ini tidak hanya memiliki fitur pembersih cache, tapi juga beragam fitur berguna lainnya.

Booster for Android menghadirkan serangkaian fitur seperti pembersih sampah Android terbaik, cache, memory acceleratorbattery optimizer, dan smart charging.

Fitur cache cleaner akan memudahkan Anda untuk membersihkan file-file cache usang yang memenuhi smartphone, dan berpotensi membuah performa smartphone jadi lebih lambat. Tidak salah jika aplikasi pembersih cache Android ini menjadi andalan banyak orang.

4. Droid Optimizer

Droid Optimizer - Apps on Google Play

Droid Optimizer jadi aplikasi pembersih sampah HP berikutnya yang bisa Anda andalkan untuk membersihkan file-file sampah yang ada di smartphone. Ini membantu Anda meningkatkan kinerja dari ponsel yang Anda miliki.

Aplikasi ini juga memiliki sederet fitur lain seperti menghentikan aplikasi yang berjalan di background secara otomatis, mengelola perizinan dari tiap aplikasi, dan lain sebagainya.

5. Avast Cleanup & Boost, Phone Cleaner, Optimizer

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

 

Tidak hanya AVG, Avast juga tidak mau kalah dengan mengembangkan aplikasi yang dapat membersihkan sampah. Ia dapat membersihkan sampah yang memenuhi ruang penyimpanan, yaitu dengan menghapus file yang tidak perlu, seperti cache aplikasi, file sementara, atau data sisa.

Avast Cleanup dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan ruang, serta mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan. Ia juga dapat meningkatkan performa RAM, sehingga dapat mempercepat proses smartphone milikmu.

6. 1Tap Cleaner

Mencari cara membersihkan cache yang ada di smartphone tanpa perlu repot? Anda bisa mencoba aplikasi cleaner Android terbaik bernama 1Tap Cleaner.

1Tap Cleaner disebut menjadi aplikasi penghapus cache terbaik hanya dengan satu ketukan. Bukan hanya bisa membuang file-file sampah, aplikasi ini juga bisa menghapus riwayat panggilan, history peramban, dan lain sebagainya.

7. AVG Cleaner

AVG Cleaner – Storage Cleaner - Aplikasi di Google Play

Selain bisa membersihkan cache yang bersarang di smartphone, aplikasi AVG Cleaner juga diklaim mampu membuat ponsel Anda berjalan lebih cepat dan lebih lancar. Aplikasi pembersih cache ini juga bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bloatware yang ditanamkan di smartphone Android Anda.

Nah, itu dia beberapa aplikasi pembersih cache dan ram yang dapat membantu Anda meningkatkan performa smartphone. Jika Anda telah membersihkan cache pada perangkat ponsel, ini bisa meringankan kinerja telfon genggam yang Anda miliki. Semoga bermanfaat!

You May Also Like