Apa yang dimaksud dengan hak?

Edukasi E-Pub informasi seputar semua pertanyaan dan jawaban

E-Pub – Berikut adalah jawaban dari pertanyaan yang sering dicari yaitu ” Apa yang dimaksud dengan hak? ” E-Pub akan berusaha memberikan jawaban dari pertanyaan diatas :

Pertanyaan :

Apa yang dimaksud dengan hak?

Jawaban :

Berikut beberapa alternatif jawaban dari pengertian HAK berdasarkan beberapa sumber

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia hak diartikan sebagai kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dan sebagainya). Hak juga bisa berarti kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu.

Berdasarkan modul berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Paket A Setara SD/MI Kelas VI, hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan atau diterima secara penuh tanggung jawab. Setiap orang memiliki hak dasar atau hak asasi manusia yang melekat pada dirinya sejak lahir.

Sementara itu, pengertian hak yang dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan yang ditulis oleh Sukadi, hak adalah unsur normatif yang berperan sebagai pedoman berperilaku, melindungi kebebasan, dan menjamin peluang bagi semua manusia untuk meningkatkan harkat maupun martabat kemanusiaannya.
Hak tidak dapat diterima atau dilakukan oleh pihak lain yang bukan semestinya. Hak juga tidak bersifat paksaan dan tidak dapat dituntut secara paksa oleh pihak mana pun.

 

You May Also Like