Apa itu kewajiban?

Edukasi E-Pub informasi seputar semua pertanyaan dan jawaban

E-Pub – Berikut adalah jawaban dari pertanyaan yang sering dicari yaitu ” Apa itu kewajiban? ” E-Pub akan berusaha memberikan jawaban dari pertanyaan diatas :

Pertanyaan :

Apa itu kewajiban?

Jawaban :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan. Secara sederhana, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah hal yang harus dilakukan oleh pihak tertentu secara tanggung jawab.Pengertian kewajiban tidak terlepas dari hubungannya dengan hak. Kewajiban adalah tindakan untuk menuntun orang bertindak dengan cara yang dianggap dapat diterima oleh masyarakat. Dan hak akan datang sebagai balasan yang sesuai.

Sedangkan menurut Nah Rowi, apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan oleh pihak tertentu dan tidak dapat digantikan oleh pihak lain, yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan.

Jadi, dapat disimpulkan apa yang dimaksud dengan kewajiban adalah segala sesuatu yang dianggap sebagai suatu keharusan untuk dilakukan oleh individu sesuai dengan perannya masing-masing guna mendapatkan hak yang pantas didapatnya. Peran masing-masing individu yang dimaksud adalah baik saat seseorang menjadi bagian dari sebuah keluarga, menjadi seorang murid, hidup bermasyarakat, hingga menjadi warga negara.

You May Also Like