Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?

Edukasi E-Pub informasi seputar semua pertanyaan dan jawaban

E-Pub – Berikut adalah jawaban dari pertanyaan yang sering dicari yaitu ” Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan? ” E-Pub akan berusaha memberikan jawaban dari pertanyaan diatas :

Pertanyaan :

Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?

Jawaban :

Berikut adalah beberapa contoh dampak positif dan negatif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan.

Dampak Positif :

  • Komputer memudahkan tenaga pendidik mempercepat proses administrasi sekolah. Misalnya membuat jadwal pelajaran, kurikulum, daftar nilai, dan lain-lain.
  • Setelah ada komputer dan internet, siswa dapat menggali informasi lebih banyak. Guru dan buku pelajaran bukan lagi satu-satunya sumber pengetahuan. Siswa akan lebih mudah mengerjakan tugas-tugas sekolah.
  • Mempermudah pelaksanaan ujian, dari yang menggunakan kertas kini menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
  • Komputer menciptakan suasana belajar yang menyenangka. Sebab, siswa dapat mengendalikan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuannya. Animasi yang muncul juga membuat siswa tidak cepat bosan. Ini berbeda dengan metode belajar satu arah yang disampaikan dengan penjelasan yang cenderung membosankan dan seringkali tanpa ilustrasi, sehingga sulit dipahami.

Dampak Negatif :

  • Jika siswa sering berlama-lama di depan komputer, perkembangan gerak motorikya menjadi terbatas. Sebab, waktu yang seharusnya dipakai untuk melakukan kegiatan fisik lainnya banyak dihabiskan di depan komputer.
  • Kemampuan bersosialisasi dengan manusia lainnya menjadi terganggu. Oleh sebab itu, diperlukan desain pembelajaran berbasis komputer yang juga melibatkan interaksi sosial dan keterampilan emosional.

You May Also Like