AMD Ryzen Zen 4 Resmi Diumumkan oleh AMD

AMD Ryzen Zen 4 – Sebagai vendor hardware canggih pada ekosistem PC, Server, dan konsol, AMD memiliki peran penting dalam meningkatkan keamanan dan perlindungan data. Dengan menyediakan sebuah arsitektur yang dirancang dengan pertimbangan keamanan. Dengan perpaduan fitur keamanan berbasis hardware dan perlindungan software. terkait AMD membantu melindungi para pengguna lebih baik dari banyak serangan dunia maya termasuk serangan firmware tingkat rendah yang canggih.

 

Arsitektur AMD “Zen” telah dirancang dengan mengutamakan fitur keamanan, dengan fokus khusus. berfokus pada solusi untuk membantu melindungi data pengguna dan memberikan tenaga dan performa tinggi. Ini adalah arsitektur “Zen” yang menjadi fondasi dari prosesor Ryzen dan EPYC yang banyak diadopsi pada berbagai perangkat. Seperti PC, workstation, server, serta beberapa konsol game generasi mendatang. AMD meyakini bahwa solusi keamanan modern terbaik hanya dapat dicapai melalui pertahanan berlapis.

Inilah mengapa AMD juga bekerja sama dengan Operating Systems (OS) dan produsen PC untuk menyediakan fitur keamanan berbasis arsitektur dan hardware yang memperkuat penawaran keamanan mereka sendiri. Dengan melengkapi perlindungan ini di berbagai tingkatan, AMD menghadirkan keamanan kuat terhadap serangan yang beragam dan dinamis.

AMD mengumumkan Zen terbaru mereka

Dr. Lisa Su, selaku CEO AMD mengumumkan next-gen mereka yaitu Ryzen Zen 4 Pada acara CES 2022. Ryzen Zen 4 ini akan mempunyai perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan Zen 3.

Processor AMD Ryzen 7000 series menggunakan arsitektur terbaru yaitu Zen 4, dimana AMD juga akan memperkenalkan socket baru AM5 di pasaran. AMD beralih dari sebelumnya menggunakan desain socket PGA (Pin Grid Array), ke LGA (Land Grid Array).

AMD Ryzen next-gen akan berarsitektur Zen 4 yang berdasarkan transistor TMNC 5nm. Terdahulunya yaitu Zen 3, menggunakan 7 dan 6nm. Hal ini membuat Zen 4 digadang-gadang akan lebih canggih.

AMD Zen 4 akan digunakan di seluruh line up CPU AMD, mulai dari Gen 4 Epyc Genoa dan Ryzen 7000 Series “Raphael”. CPU ini akan di clock speed hingga 5GHZ. Pada CES, AMD memamerkan CPU ini dengan menjalankan Halo Infinite dengan kecepatan 5Ghz di semua cores-nya

 

AMD Zen 4 akhirnya akan “upgrade” socket mereka dari AM4 ke AM5. AM5 mempunyai jumlah pin berbeda dan ukuran yang agak lebih besar. Lalu AM5 juga akan menggunakan LGA atau Land Grid Array, lebih tepatnya LGA 1718 dimana pin processor akan terletak di motherboard layaknya CPU Intel. Dari dulu hingga AM4, AMD konsisten menggunakan PGA atau Pin Grid Array.

AMD Ryzen 7000 Zen 4 socket AM5

CPU AMD Next-gen Zen 4 akan support teknologi kekinian seperti Next-gen APU, DDR5 RAM, PcIe Gen 5 dan lain sebagainya. CPU AM5 akan mempunyai TDP hingga 170W dimana CPU tertinggi mereka bakal buas banget performanya.

Selain itu, AM5 akan support 45-105W CPU. CPU Ryzen 7000 Core yang akan di support paling tinggi adalah 16 Core.

CPU AMD Next-Gen Zen 4, Ryzen 7000 Series akan rilis ditahun 2022.

 

 

You May Also Like