Aktivitas yang bisa dilakukan disaat Ngabuburit

Aktivitas yang bisa dilakukan disaat Ngabuburit – Di bulan Ramadhan 2022, suka atau tidak suka, kita masih harus hidup dengan pandemi Covid-19, seperti tahun lalu. Namun, kita tetap bisa melakukan ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit, bahkan di rumah pun juga bisa mengisi waku ngabuburit untuk menghindari risiko tertular virus Covid-19. Apa saja kegiatan tersebut? Mari kita simak bersama uraian berikut!

Kali ini kita akan meguraikan  apa saja sih Aktivitas yang bisa dilakukan disaat Ngabuburit saat bulan Ramadhan tiba.

Aktivitas yang bisa dilakukan disaat Ngabuburit

1. Membuat Takjil

Jika tahun-tahun sebelumnya kita membeli makanan takjil di pasar saat kita ngabuburit, tahun ini akan berbeda. Artinya, Anda bisa membuat masakan takjil sendiri.

Misalnya, Anda menyukai minuman takjil kolak pisang. Tentu saja Anda bisa menghabiskan waktu di luar sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan membuat kolak pisang, bersama keluarga, kerabat atau dengan teman teman.

Selain lebih hemat, Anda juga membuat dengan porsi yang lebih besar daripada membeli di pasar. Tentu saja, ini juga akan lebih bersih karena di buat dengan tangan sendiri.

2. Nonton Film

Setelah selesai membantu ibumu memasak makanan untuk berbuka puasa, kamu bisa menunggu azan Magrib berkumandang dengan menonton film. Usahakan untuk tidak  menonton film yang mengandung adegan yang dapat membatalkan puasa kita, karena dapat mengganggu niat yang sudah ditetapkan. Yang terbaik adalah menonton film komedi atau animasi (kartun).

Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan film dari berbagai negara dan genre yaitu Netflix, WeTV, iQiyi dan masih banyak lagi.

3. Mengikuti Kultum

Selama Ramadhan, akan ada banyak ceramah yang diadakan oleh ustad maupun ustadzah secara online. Meski dilakukan secara online, namun tidak menghalangi kita untuk mendapatkan pelajaran dan nasehat yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan di akhirat.

4. Jalan-jalan sore

Ngabuburit dengan jalan-jalan sore biasanya dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka. Jalan-jalan sore biasanya di alun-alun kota sambil mencari makanan takjil.

5. Bermain Layang-Layang

Meski terdengar seperti permainan anak-anak yang sederhana, bermain layang-layang juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu berbuka puasa.

Jika Anda ingin menerbangkan layang-layang, usahakan di lapangan yang luas, bukan area yang penuh kabel listrik, karena bisa berbahaya. Selain itu, tali layang-layang yang putus harus segera dipotong dan dibuang, agar tidak merugikan orang lain yang lewat.

6. Olahraga

Anda bisa berlatih di sore hari sambil menunggu waktu buka puasa. Ambil contoh lari sore, bola basket, bola voli, sepak bola atau bulu tangkis. Terlepas dari alasan kesehatan, waktu luang sebelum adzan Magrib pun tidak akan terasa.

Nah, itulah sekilas tentang Aktivitas yang bisa dilakukan disaat Ngabuburit. Sama sekali tidak ada larangan pelaksanaan kegiatan ngabuburit karena sudah menjadi tradisi. Namun, isilah kegiatan ngabuburit dengan hal yang positif dan bermanfaat dan tidak membatalkan niat puasa kita. Sholat Ashar terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan ngabuburit.

You May Also Like