5 Aplikasi Cek Kecepatan SSD dan HDD Laptop dan PC

aplikasi benchmark HDD dan SSD – Ketika hendak merakit sebuah PC, hal yang paling terpikirkan pastinya adalah CPU, RAM, dan GPU. Karena ketiga faktor tersebut sangat menentukan performa dari PC itu sendiri. Tapi ternyata ada komponen lain yang tidak kalah penting saat ini, yakni storage alias media penyimpanan. Perangkat ini memiliki tugas utama untuk menyimpan semua seluruh data milik pengguna, seperti sistem operasi (OS), aplikasi, game, dan lainnya.

Saat ini storage telah terbagi menjadi dua jenis, yakni HDD dan SSD. HDD atau harddisk drive merupakan storage yang masih menggunakan piringan cakram magnetis. Sedangkan SSD sama seperti USB Flash Drive, ia tidak  memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Di mana data atau informasi hanya disimpan di dalam microchips.

Perbedaan yang paling terasa antara HDD dan SSD adalah kecepatan data transfer yang dimiliki. Sebagai teknologi baru, SSD tentu memiliki data transfer yang lebih cepat. Karena teknologi tersebut, SSD biasanya juga memiliki harga yang lebih mahal ketimbang HDD.

Walau begitu, menguji kinerja storage HDD maupun SSD juga menjadi bagian yang penting untuk mengetahui apakah storage baru yang dimiliki sesuai dengan apa yang diiklankan atau tidak. Selain itu, pengujian yang dilakukan juga bisa mendiagnosis masalah apapun yang bisa mengganggu storage ketika digunakan.

Untuk membantu kamu mengetahui seberapa baik performa yang dimiliki oleh HDD dan SSD, berikut adalah lima aplikasi benchmark gratis yang bisa kamu gunakan.

1. ATTO Disk Benchmark

Aplikasi Benchmark HDD dan SSD

ATTO Disk Benchmark merupakan salah satu aplikasi benchmark HDD dan SDD tertua dan terpopuler untuk menguji performa dari HDD dan SSD. Aplikasi benchmark ini memungkinkan pengguna dapat mengetahui seberapa cepat kemampuan read and write (baca dan tulis) yang mudah menggunakan ukuran blok yang telah ditentukan antara 512 byte hingga 8MB dengan ukuran file tes antara 64KB dan 2GB dan kedalaman antrian antara 2 dan 10, sehingga memberikan informasi yang lengkap.

Dengan mengaktifkan Direact I/O dan Overlapped I/O, ATTO Disk Benchmark juga akan menghapus semua manfaat kinerja dari cache sistem, memberikan hasil yang paling akurat. ATTO Disk Benchmark biasanya merupakan tolok ukur pilihan bagi produsen SSD konsumen karena pengujiannya menggunakan data yang sederhana dan dapat dikompresi dan cenderung menghasilkan kinerja terbaik.

>> Download ATTO Disk Benchmark gratis

2. Crystal Disk Mark

Aplikasi Benchmark HDD dan SSD

Selanjutnya ada aplikasi benchmark HDD dan SSD yang paling populer, yakni Crystal Disk Mark. Aplikasi benchmark ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengetahui seberapa cepat read/write dari storage yang digunakan secara berurutan serta kecepatan read/write acak. Menariknya, aplikasi Crystal Disk Mark tidak hanya dapat digunakan untuk menguji storage utama, tapi juga bisa digunakan pada beberapa media penyimpanan lainnya, seperti USB Flash Drive, memory card, dan sebagainya.

>> Download Crystal Disk Mark gratis

 

3. AS SSD

Aplikasi Benchmark HDD dan SSD

AS SSD adalah aplikasi benchmark yang cukup umum digunakan oleh para pengguna PC untuk mengukur kinerja dari HDD dan SSD, mulai dari sequential, 4K, 4K QD64, dan latency. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 100% data yang tidak dikompres. Aplikasi benchmark ini juga mengeluarkan skor akhir yang memberikan informasi seluruhan kinerja storage yang digunakan.

>> Download AS SSD gratis

4. Anvil Storage Utilities

Aplikasi Benchmark HDD dan SSD

Anvil Storage Utilities juga menjadi salah satu aplikasi benchmark yang banyak digunakan untuk menguji performa dari HDD dan SSD. Aplikasi benchmark ini juga sangat mudah untuk digunakan. Setelah terbuka, pengguna hanya cukup meng-klik tombol “Run”, maka secara otomatis aplikasi akan menjalankan tes read/write mulai dari Sequential, 4K, 4K QD4, 4KQD16, 32K, dan 128K.

Setelah pengujian selesai, maka pengguna dapat melihat sejumlah hasil yang berbeda, seperti response time, performa read/write dalam MB/s dan IOPS.

>> Download Anvil Storage Utilities gratis

5. Iometer

iometer

Iometer pada awalnya adalah aplikasi benchmark yang dikembangkan oleh Intel dan diumumkan di Intel Developer Forum pada tahun 1998 lalu. Dari situ, Iometer menjadi salah satu aplikasi benchmark HDD dan SSD yang populer di industri. Walau tampilan antar muka aplikasi benchmark ini terlihat ketinggalan zaman, tapi aplikasi ini memiliki kemampuan pengujian yang cukup baik. Aplikasi ini memiliki beberapa konfigurasi pengujian dan dapat menyajikan informasi yang lebih mendalam.

>> Download Iometer gratis

 

You May Also Like