10 Deretan Manfaat Buah Alpukat

10 Deretan Manfaat Buah Alpukat – Siapa yang tidak tahu dengan Alpukat? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah ini. Buah batu yang memiliki warna hijau dengan daging buah yang lembut ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan.

Mengapa? Karena alpukat merupakan satu-satunya buah yang menawarkan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang di anggap baik untuk kesehatan. Selain itu, alpukat memiliki tekstur dan rasa yang sangat unik.

Sebagai penggemar alpukat, berapa banyak jenis alpukat yang di ketahui keluarga Anda saat ini? Di Indonesia terdapat berbagai jenis alpukat, mulai dari alpukat mentega, alpukat miki, alpukat Mina, alpukat Wina, alpukat Hass dan lain sebagainya.

Semua jenis alpukat yang di sebutkan di atas pasti memiliki ciri khas rasa yang unik. Alpukat yang umumnya tidak semanis buah memiliki beberapa manfaat.

Alpukat penuh dengan manfaat, mereka secara alami menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan gizi buah alpukat antara lain karbohidrat, protein, lemak, kalsium, kalium, natrium, asam folat, fosfor, beta-karoten, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E dan lain-lain.

Alpukat, yang kaya nutrisi, di anggap sebagai makanan super. Meski bisa langsung di cerna, alpukat sering dibuat menjadi jus, pelengkap salad atau sandwich.

10 Deretan Manfaat Buah Alpukat

1. Menjaga Kepadatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang akan menurun. Jika kepadatan tulang menurun, maka akan menyebabkan osteoporosis.

Makan makanan yang kaya kalsium dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang. Untuk itu, mengonsumsi alpukat di anggap baik untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang. Mengapa? Karena buah ini kaya akan kalsium, vitamin D dan vitamin K untuk kesehatan tulang.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Dengan menjaga kadar kolesterol,Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, alpukat mengandung mineral dan vitamin yang berperan penting dalam memenuhi nutrisi tubuh.

3. Memperlancar Pencernaan

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, alpukat bermanfaat untuk pencernaan. Kandungan serat dan nutrisi dalam alpukat dapat memaksimalkan fungsi organ pencernaan.

Orang yang makan alpukat setiap hari akan memiliki lebih banyak mikroba usus. Mikroba usus yang tumbuh akan memecah serat dan menghasilkan metabolit yang mendukung kesehatan usus.

Oleh karena itu, alpukat memiliki kandungan fruktosa yang cukup rendah untuk mengurangi risiko penumpukan gas. Dengan cara ini, alpukat adalah buah yang sangat aman untuk kesehatan perut.

4. Baik Untuk Kesehatan Mata

Alpukat ternyata mengandung lutein dan zeaxanthin yang di anggap baik untuk kesehatan mata untuk mencegah erosi retina. Kandungan tersebut di percaya dapat mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Alpukat mengandung beta-karoten dan asam lemak tak jenuh yang di butuhkan oleh mata. Konsumsi alpukat secara teratur sebenarnya dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata. Alpukat mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga penglihatan Anda dalam kondisi baik.

5. Mencegah Kanker

Kanker di kenal sebagai penyakit ganas yang berbahaya dan cenderung sulit di sembuhkan. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai makanan sehat untuk mencegah kanker.

Alpukat mengandung asam folat yang berperan penting dalam pengobatan kanker. Sehingga senyawa baik lainnya yang di miliki oleh alpukat di anggap mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker pankreas, kanker serviks, kanker perut dan kanker usus besar.

Buah alpukat sebagai makanan super mengandung fitokimia yang dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker. Pada saat yang sama, alpukat juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh dan fungsinya tidak dapat di gantikan oleh organ lain. Jika Anda memiliki masalah dengan otak, fungsi organ lain juga akan terganggu.
Anda perlu menjaga kesehatan otak dengan banyak mengonsumsi vitamin E. Alpukat di kenal sebagai buah yang kaya akan vitamin E. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi alpukat secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan otak.

7. Mencegah Hipertensi

Alpukat di kenal sebagai bahan alami dalam pencegahan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Alpukat mengandung mineral dan potasium yang berfungsi untuk mencegah hipertensi dan mengatur ritme detak jantung.

8. Menurunkan Berat Badan

Alpukat di kenal tinggi serat dan lemak tak jenuh, yang di percaya dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, kandungan nutrisi alpukat juga mampu mengurangi lingkar pinggang. Anda bisa makan alpukat secara rutin untuk menambah berat badan ideal secara aman dan alami.

9. Mencegah Radang Sendi

Selain dapat menjaga kepadatan tulang, alpukat bermanfaat untuk mencegah radang sendi atau arthritis. Buah alpukat sendiri memiliki sifat antioksidan yang di percaya dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

10. Meningkatkan Kesuburan

Buah alpukat yang tumbuh di iklim hangat memiliki potensi manfaat untuk menjaga kesehatan wanita. Menarik bukan? Sifat antioksidan alpukat dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan.

Alpukat seperti buah tropis dan subtropis mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mencegah hipertensi, obesitas, resistensi insulin dan diabetes. Bagi wanita yang rutin mengonsumsi alpukat, ternyata bisa mencegah masalah telur hingga 70%. Dengan begitu, manfaat buah alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita

Demikian ulasan tentang 10 Deretan Manfaat Buah Alpukat. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda. Konsumsilah dengan bijak untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Nantikan ulasan kami berikutnya

You May Also Like